x
BREAKING NEWS

Senin, 07 Desember 2020

Ustad H. Usep Sopiudin : AKHLAQ SEBAGAI MANIFESTASI IMAN

Dakwahpos.com, Bandung Masjid Al-Muhajirin merupakan masjid yang terletak di Jl. Riung Arum Barat 11 Rw. 13 Rt. 04 Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gede Bage Kota Bandung, Masjid ini aktif dalam kegiatan keagamaan. Dimulai dari adanya pengajian mingguan sampai kegiatan perayaan hari besar.
Pada pengajian yang dilaksanakan pada hari Jum'at malam tanggal 4 Desember 2020 kemarin yang diisi oleh Ustad H. Usep Sopiudin yang bertema tentang akhlaq sebagai manifestasi iman, beliau menyampaikan salah satu dari beberapa tugas nabi Muhammad SAW dimuka bumi adalah untuk menyempurnakan akhlaq manusia seperti yang dijelaskan pada hadist Rasulullah SAW yaitu: "bahwasannya aku diutus untuk menyempuranakan keluhuran (kemuliyaan) akhalq" (H.R Ahmad ).
Lalu beliau pun menyampaikan iman seseorang dapat diketahui dari akhlaq dan perbuatannya "ucapan Sebagian dari akhlaq yang mana juga mencerminkan dirinya"ucap beliau iman yang kokoh dan kuat akan dimanifestasikan dalam bentuk akhlaq yang mulia dan akhlaq yang buruk dan hina adalah gambaran yang diberikan oleh imannya yang lemah. Sosok yang lemah imannya akan mudah tergelincir pada suatu perbuatan buruk yang merugikan dirinya, akhlaq adalah suatu sikap prilaku yang spontan dan tidak dibuat-buat, reaksi spontan itulah dari kebaikan iman seseorang adalah prilaku akhlaqnya yang baik.
Lalu dasar akhlaq terdapat pada Q.S At-Taubah (9) ayat 119
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ
"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar".
Dari ayat tersebut kita dapat memberitahu kita untuk bersama-sama orang yang benar.
Lalu ada pula meninfestsikan iman dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda :
"sesungguhnya Allah itu dermawan yang menyukai kedermawanan, menyukai akhlaq-akhlaq yang mulia dan membenci akhlaq yang buruk" (muttafaquh alaih).
"Keutamaan dalam berkakhlaq mulia sebagai manifestasi iman ini dilakukan karena yang mengharapkan ridha allah semata, tidak mengharapkan sesuatu pun dari manusia, tidak mengharapkan  harta benda atau imbalan lainnya, tidak juga popularitas atau sekedar ucapan" ujarnya.
Oleh : Fina Amelia H.
NIM : 1194020065
Kelas : KPI 3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia