x
BREAKING NEWS

Selasa, 08 Desember 2020

Rian Agustian, Mahasiswa UIN SGD Bandung Ikuti Lomba Dakwah Digital Al Washliyah

Dakwahpos.com, Kabupaten Bandung- Rian Agustian seorang mahasiswa semester 3 jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) telah mengirimkan video lomba Dakwah Digital Al Washliyah pada hari jum'at kemarin (27/11/2020). Dalam videonya yang berjudul Toleransi Dalam Masyarakat itu, ia menjelaskan bahwa pentingnya toleransi dalam bermasyarakat maupun beragama.

"Manusia hidup di dunia ini tidak lepas dengan yang namanya Interaksi, atau hubungan timbal balik. Karena manusia adalah makhluk sosial. Makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, apalagi dalam memenuhi kebutuhan, khususnya di lingkungan masyarakat. Antar manusia itu saling ketergantungan dalam segala bidang kehidupan. Kita itu bagaikan seekor lebah dengan bunga, bagaikan kerbau dengan burung jalak saling membentuk simbiolisme untuk bertahan hidup." Ujarnya.

Dalam videonya itu dia menjelaskan bahwa toleransi beragama berarti saling menghormati dan berlapang dada terhadap pemeluk agama lain, tidak memaksa mereka mengikuti agamanya dan tidak mencampuri urusan agama masing-masing. Sebagaimana halnya dalam surat Al-Baqaroh ayat 256 yang dia bacakan, ayat tersebut menjelaskan bahwa tidak ada paksaan dalam memeluk agama Islam, melainkan melalui kesadaran dan keinginan pribadi yang bersangkutan.

"Toleransi beragama ini sendiri sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, salah satu contohnya adalah saat nabi melakukan perjanjian dengan umat yahudi dan nasrani, dimana mereka diperkenaankan untuk menjalankan ibadah mereka masing2, namun dengan satu syarat yaitu haruslah saling menghargai, menjaga kerukunan dan kesatuan madinah. Perjanjian ini dikenal dengan piagam madinah." Ujarnya.

Kesimpulannya yaitu Islam memerintahkan kepada umatnya untuk saling tenggang rasa dan toleransi dalam menjalankan ajaran agamanya masing-masing. Allah Swt sengaja menciptakan manusia berbilang bangsa dan suku hanya untuk menguji, mampukah manusia untuk hidup rukun dan damai penuh kasih sayang di dalam mencari kebenaran di sisinya, serta sikap toleransi yang kita lakukan akan menciptakah bahtera kehidupan yang damai dan penuh keharmonisan.

Rian Agustian, KPI/3D

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia