x
BREAKING NEWS

Senin, 14 Desember 2020

Mahasiswa UIN SGD Bandung Ikuti Lomba Dakwah Digital Al Washliyah

Dakwahpos.com, Bekasi ,- Qisthon Fannani merupakan seorang mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, semester 3, jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) telah mengirimkan sebuah video ceramah keislaman untuk diikuti lomba Dakwah Digital Al Washliyah pada hari jum'at kemarin (27/11/2020). Dalam videonya yang berjudul "Ikhlas" itu, ia menjelaskan tentang perbuatan ikhlas, betapa pentingnya ikhlas dan bagaimana cara menggapainya.

"Ikhlas adalah perkara penting bagi setiap muslim, Mengapa? Karena dengan ikhlas, ibadah yang kita lakukan akan bernilai pahala, dan kebalikannya, jika tidak maka akan sia-sia dan mendatangkan dosa. Ikhlas adalah beribadah dengan niat hanya mengharap pahala dari Allah saja, dan sebaliknya jika kita beribadah dengan mengharap selain Allah, misal karena mengharap pujian manusia, maka ini di namakan riya, dan riya termasuk kedalam dosa, otomatis ibadah yang kita lakukan tidak akan di terima oleh Allah bahkan mendapatkan dosa riya. Lihat, hanya dengan salah niat, perbuatan ibadah yang seharusnya mendatangkan pahala malah mendatangkan dosa..", Ujarnya.

Dalam videonya tersebut, Qisthon menjelaskan bahwa ikhlas merupakan hal yang sangat penting bagi setiap muslim, karena ikhlas merupakan penentu diterima tidaknya amal ibadah seorang muslim. Qisthon menjelaskan apakah ikhlas merupakan sesuatu yang mudah?. Qisthon mengutip sebuah cerita tentang seorang ulama besar bernama Imam Ahmad yang merupakan imam madzhab dan hapal ribuan hadits saja masih mengatakan perkara ikhlas merupakan hal yang sulit baginya dan beliau berusaha sekuat tenaga agar apa yang dilakukannya ikhlas.

"Ikhlas merupakan perkara yang tidak sulit bukan berarti tidak bisa kita lakukan, lalu bagaimana kiat-kiat untuk mendatangkan atau menggapai keikhlasan kepada hati kita?. yaitu dengan berdoa kepada Allah, jauhi ketenaran dan rasa ingin dipuji, dan berlatih beramal dengan sembunyi-sembunyi. ", Ujarnya.

Ceramah tentang ikhlas bisa membuka hati kita akan pentingnya keikhlasan dalam melakukan segala hal, baik ibadah maupun muamalah. Ikhlas merupakan perkara yang tidak mudah bahkan sulit bagi seorang ulama dan imam besar yang telah hapal ribuan hadits. Sulit bukan berarti tidak dapat dilakukan, tapi dapat dilakukan dengan cara yang benar. Ikhlas merupakan sesuatu yang sangat penting bagi seorang muslim dalam diterima tidaknya amal ibadah yang dilakukan.

(Qisthon Fannani/KPI 3D)

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia