x
BREAKING NEWS

Senin, 14 Desember 2020

Mahasiswa KPI Meriahkan Lomba Dakwah Digital

Dakwahpos.com, Bekasi - Beberapa peserta dari mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam yang mengikuti lomba dakwah digital Alwashliyah Jawa Barat, senin (30/11/2020)

lomba dakwah digita Al Washliyah Jawa Barat tahun 2020 dalam rangka memperingati ulang tahun Al Jam'iyatul Washliayh ke–90 . Yang diadakan dengan beberapa kategori pesertanya ada kategori anak, remaja dan dewasa. Sehingga banyak yang antusias dalam perlombaan tersebut. cara berpidato sekreatif mungkin dengan cara merekam dengan peralatan atau pun tempat seadanya. Karena dalam situasi pandemi seperti ini, peserta tidak memungkinkan melakukan kegiatan lomba secara tatap muka langsung.

Mereka di tuntut untuk melakukan hal yang berbeda, yaitu melakukan ceramah di depan kamera bukan di depan juri atau penonton secara langsung. Akan tetapi tidak lupa dengan gaya ceramah yang unik, menggunakan retorika dan memasang mimik muka yang sesuai dengan isi materi.

Pertama bagi saya itu cukup aneh karna sistim dakwahnya secara online. Karena, kebanyakan lomba dakwah yang saya tau langsung berhadapan dengan orang-orang serta para juri. Kesan dari saya luar biasa , antusias dari teman-teman luar biasa , meski hasilnya di luar ekspetasi saya meskipun juara harapan satu tapi Alhamdulillah saya cukup bangga yang telah saya capai. ungkap salah satu mahasiswa KPI Ariansyah Nur Fajar Sabtu (12/12/2020).

Dalam ceramahnya, Ariansyah Nur Fajar mengungkapkan tentang Teman Terbaik Di alam Kematian di sebutkan Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim).

Pertama Sedekah jariyah

Artinya sedekah yang mengalir kata "jariyah" berasal dari ..... yang berarti "mengalir". Yakni pahalanya mengalir terus sekalipun yang bersangkutan telah meninggal. Dia mencontohkan pahala yang mengalir seperti amal wakaf yakni sedekah sesuatu benda yang bermanfaat karena Allah. Benda itu bersifat tetap tidak habis dan tidak berkurang sekalipun dimanfaatkan berkali-kali. Misalnya bersedekah sajadah, karpet, bahan bangunan untuk masjid, mushala, madrasah dan pesantren.

Kedua Ilmu yang bermanfaat

Yang dimaksud ilmu yang bermanfaat adalah ilmu itu diamalkan dan diajarkan kepada orang lain. Seseorang yang mengajarkan ilmu kepada orang lain kemudian diamalkan atau diajarkan lagi kepada orang lain maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya atau yang mengajarkannya sekalipun dia telah meninggal dunia.

Ketiga Anak saleh dan salehah

Anak saleh dan salehah yakni anak yang baik. Menurut Ibn Hajar Al Makki maksud saleh di sini adalah anak yang beriman kepada Allah. Anak saleh yang mau mendoakan kepada orang tuanya.

Di antara tanda kesalehan anak adalah mau mendoakan kepada orang tua. "Doa adalah kemauan hati anak yang baik yang menghendaki orang tuanya mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat," Ujarnya"

Reporter          : Achmad Rizky Salman KPI 3A (1194020002) 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia