x
BREAKING NEWS

Minggu, 06 Desember 2020

Kewajiban Manusia berjiwa sosial

Seorang pemuda asal Bandung Barat mengikuti lomba dakwah digital.
Dakwahpos.com, Bandung – Dalam rangka memperingati milad Al Jam'iatul Washliyah ke 90, Ginan Giasul Mustagisin mengikuti lomba dakwah digital Al Washliyah Jawa Barat, bertempat dirumahnya sendiri, yang diselenggarakan oleh pengurus wilayah Al Jam'iatul Washliyah Jawa Barat, pada tanggal 17 – 28 November 2020.
Dengan tema yang ditentukan adalah keislaman, Ginan membuat video ceramahnya yang judul "Kewajiban manusia berjiwa sosial". Menurutnya, judul ceramahnya ini sangat berkaitan dengan tema yang ditentukan, karena agama islam agama yang toleran.
Di dalam ceramahnya ini, ia menegaskan bahwa amat sangat penting jiwa sosial diterapkan dilingkungan keluarga, saudara bahkan dilingkungan masyarakat luas. Karena jiwa sosial akan menimbulkan diantara umat manusia rasa saling peduli, saling menolong, gotong royong dan bahkan kasih sayang, sehingga orang yang sedang memerlukan pertolongan kita akan mendapatkan kemudahan dan jalan keluar.
Seorang mahasiswa jurusan KPI di UIN Bandung ini menuturkan bahwa sebagai seorang muslim kita harus menerapkan jiwa saling peduli antara umat muslim maupun non muslim, seperti yang telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW.
Di dalam hadist nabi yang dibacakannya "apakah engkau ingin saya tunjukan pintu-pintu kebajikan kepadamu? Sahabat nabipun menjawab, baik ya Rasulullah. Nabi berkata : ketahuilah bahwa puasa itu sebagai pareasi dan sedekah itu memadamkan kesalahan bagaikan air memadamkan api (H.R Turmudzi). tuturnya.
Di akhir ceramahnya Ginan menyimpulkan bahwa kita sebagai umat nabi Muhammad SAW harus mengikuti perintah dan meneladani perilakunya.


Reporter : Ginan Giasul Mustagisin. KPI/3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia