Masjid Al-Istiqomah Selenggarakan Kegiatan Pengajian Rutin


Dakwahpos.com, Bandung – Meskipun dalam situasi pandemi masyarakat kampung Gembol sari yang berada dikecamatan Padalarang ini sangat antusias dalam mengikuti majelis pengajian yang diselenggarakan secara rutin di Masjid Al-Istiqomah setiap hari kamis.


Antusias itu terlihat pada hari Kamis (10/12/2020) dimana kegiatan pengajian rutinan itu diselenggarakan ada banyak sekali masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut ddari mulai anak anak pengajian, remaja, sampai ibu-bapak dan lansia.


Pada hari Kamis (10/12/2020) Di Masjid Al-Istiqomah diselenggarakan pengajian rutin setiap minggu yang pada hari itu dipandu oleh Ustad. Aceng Solihin sebagai ketua DKM Masjid Al-Istiqomah. Lalu dilanjutkan dengan tausyiah dari Ustad. Ade Buyamin. Yang mana tausyiah tersebut membahas tentang "Menjadi Tetangga Yang Baik" beliau berkata bahwa "Islam menganjurkan untuk memberi perhatian kepada tetangga dan jangan melalaikan perhatian kepada mereka. Nabi SAW bersabda: "Wahai para wanita Muslimah, janganlah antara tetangga yang satu dan lainnya saling meremehkan walaupun hanya dengan memberi kaki kambing.'' (HR Bukhari). Sekecil apa pun pemberian untuk menunjukkan perhatian dan kebersamaan sosial tidak boleh dianggap ringan walaupun pemberian itu hanya sekadar kaki kambing." Ujar beliau Islam menetapkan bahwa siapa yang mengaku beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah mengganggu tetangganya. Islam juga menegaskan betapa berdosanya seseorang yang tetangganya tak merasa aman dari gangguannya. Dari Abu Syuraih bahwasanya Nabi SAW bersabda: "Demi Allah, tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman.'' Ditanyakan kepada beliau: "Siapa yang tidak beriman wahai Rasulullah?'' Beliau bersabda: "Yaitu, orang yang tetangganya tidak merasa aman dengan gangguannya.'' (HR Bukhari)


Menurut Ustad. Aceng Solihin sebagai ketua DKM Masjid Al-Istiqomah, kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan dari zaman beliau masih berusia 17 tahun, untuk itu mengapa walaupun dalam masa pandemi ini kegiatan itu tidak diberhentikan karena takut masyarakat kehilangan kebiasaannya menghadiri majelis, walaupun begitu kegiatan ini tetap melaksanakan wajib prokes yang mana setiap masyarakat yang ikut serta, akan dicek suhu terlebih dahulu, diberi handsanitizer dan tentunya wajib menjaga jarak dan memakai masker.


Selain itu, beliau menceritakan bahwa memang masyarakat disini seiring berjalannya waktu semakin bertambah pula antusias dalam beribadah. Oleh karena itu sebagai ketua DKM Masjid Al-Istiqomah, beliau tidak mau melewatkan kesempatan itu untuk selalu menghidupkan dakwah agar masyarakat kampung Gembol Sari ini senantiasa Istiqomah pula dalam beribadah dan berbuat baik.


Reporter : Annida Siti Nur Arofah Mahasiswi UIN Bandung KPI – 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023