x
BREAKING NEWS

Selasa, 08 Desember 2020

Kajian Rutin di Masjid Fastabiqul Khairat Pontianak

Dakwahpos.com, Pontianak – Masjid Fastabiqul Khairat Pontianak mengadakan kegiatan kajian rutin khusus Ikhwan setiap malam Jum'at. Kamis (26/11/2020)

Masjid Fastabiqul Khairat merupakan masjid yang terletak di komplek Mitra Raya Lestari 3, Pontianak, Kalimantan Barat. Didirikan pada tahun 1998 dan diresmikan menjadi masjid oleh Departemen Agama Kota Pontianak pada tahun 2002. Masjid ini diketuai oleh bapak Sy. Yusuf Alydrus.

Setiap Kamis malam (malam Jum'at), Masjid ini mengadakan kajian rutin khusus ikhwan (laki-laki), yang diisi oleh Ustadz Misruki, M.P.I. Kajian ini juga dilanjutkan pada ba'da subuh hari Sabtu di minggu kedua dan keempat. Terdapat 2 pembahasan yang biasa disampaikan secara bergantian atau selang-seling, yaitu materi Fikih dan Tafsir.

"Kegiatan pengajian ini sangat bagus ya.. positif ya, terutama untuk wilayah di Pontianak Kota, karena memang, masyarakat yang ada memang semangat mereka untuk menuntut ilmu juga bagus. Tapi semangat saja jika tidak dibarengi dengan teori ilmu pengetahuan itu secara syar'i ya, maka itu bisa jadi tidak sesuai arah dan tujuannya didalam beragama. makanya kita saling menanggapi masyarakat-masyarakat yang antusias dengan agamanya, semangat berislamnya, dan itu harus dibarengi dengan semangat menuntut ilmu juga."

"Harapan kedepannya ya, mudah-mudahan syiar kajian keislaman semakin bagus lagi, masyarakat semakin antusias dalam menuntut ilmu, terkait dengan fikih khususnya, begitu juga dengan ilmu-ilmu tasir misalnya, dan nanti terkait dengan apa.. (terkait pembahasan tafsir), kalau tafsir inikan pembahasannya banyak, terkait dengan akidah, muamalah, kemudian terkait adab-adab, dan seterusnya. Maka kemudian masyarakat semakin baik, dan begitu juga mudah mudahan dampaknya ini, harapan kedepan juga para remaja dan anak-anak itu bisa lebih antusias juga, daripada mm.. (orang tua).  Jangan sampai orang tua saja yang semangat menuntut ilmu, tapi para pemuda juga harus lebih semangat lagi, harapannya seperti itu." Ujar Ustadz Misruki saat ditemui pada Kamis malam (26/11/2020).

Kemudian, Selain kajian khusus ikhwan ini, ada juga kegiatan lain khusus akhwat (perempuan). Diantaranya ada pengajian (arisan dan kajian ceramah) untuk ibu-ibu yang diadakan setiap bulan pada hari Sabtu di minggu ketiga. kemudian tadarusan setiap malam Selasa ,Rabu, dan Kamis, serta belajar tajwid setiap Sabtu ba'da asar.

Selanjutnya, terdapat juga kegiatan buka puasa bersama setiap senin, kamis dan saat puasa ayyamul bidh atau puasa 3 hari setiap tengah bulan. dan setiap ba'da Jum'at, ada donatur yang menginfaqkan nasi kotak untuk dibawa pulang oleh jama'ah shalat Jum'at.

Reporter: Amira Nadha Shifa, KPI/ 3A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia