x
BREAKING NEWS

Minggu, 06 Desember 2020

IKUTI LOMBA DAKWAH DIGITAL

Dakwahpos.com, Majalengka-Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengirim video dakwah di youtobe dalam rangka mengikuti acara lomba dakwah digital (28/11/2020) dengan penceramah Iyam Maryam Fauziyyah Mahasiswa KPI kelas 3B dan mengangkat tema tentang ARAK Akhlak Remaja Kekinian.

Penceramah mengatakan bahwa dengan mengikuti lomba dakwah digital ini dapat memanfaatkan internet dengan baik, apalagi selama pandemi seperti sekarang ini. Tidak diperbolehkan untuk berkumpul,jadi dengan menggunakan internet dapat dimanfaatkan untuk mengajak kebaikan.

"Semakin kesini kebanyakan anak remaja sekarang masih kurang dalam etika kesopanannya, dan masih banyak etika-etika kesopanan atau akhlak yang baik, yang belum di terapkan pada diri remaja masa ini. Di zaman milenial ini banyak remaja yang sudah kecanduan hp (handphone) sampai-sampai  hilang etika kesopananya. Karena saat mbermain handphone mereka tidak akan menghiraukan orang sekitar itu berbicara apa," katanya.

Dalam ceramahnya ia mengungkapkan bahwa remaja sekarang banyak mengidolakan artis-artis yang ada pada sinetron di tv, lalu mereka mengikuti gayanya, seperti gaya bahasanya, gaya fashionnya, dan lain sebagainya. Semua itu dapat mempengaruhi perkembangan remaja saat ini.

"Remaja sekarang cenderung banyak mengidolakan artis sinetron di tv dari pada mengidolakan kanjeng nabi. Menonton sinetron yang alay ujung-ujungnya hidupnya jadi ikut-ikutan alay. Bahasanya pun jadi ikut-ikutan yang ada di tv, kalo mau pergi dari rumah boro-boro pamit sama orang tua sambil cium tangan. Saat ditanya ibunya atau bapaknya, "ganteng,cantik, mau kemana?" jawabannya otw dong mom! Otw dong dad! Kalo di suruh belanja ke pasar, jawabnya assyiiiaaaaapppp, terus kalo di nasehatin sama orang tua jawabnya. EGP, ASTAGFIRULLOH, naudzu billah," ujarnya.

Penceramah ini pun menjelaskan etika dalam perbuatan atau dalam berbahasa penting sekali untuk di dalam kehidupan. Dengan menerapkan etika yang baik akan di gemari oleh orang lain. Jika menghormati dan menghargai orang lain, orang lainpun pasti akan menghormati dan menghargai orang lain juga.

"Etika perbuatan atau etika dalam berbahasa adalah suatu hal yang penting di kehidupan. Contohnya etika perbuatan, menghormati orang yang lebih tua wajib hukumnya. Jika sedang di ajak bicara sebaiknya mendengarkan jangan dulu main hp, terus ketika di nasehati harus juga harus mendengarkan jangan malah menantang. Etika dalam berbahasa juga penting, karena apa? Karena ada pribahasa Mulutmu Harimaumu. Berbahasa yang membuat sakit hati orang lain itu akan teringat seumur hidupnya," katanya.*


Penulis: Iyam Maryam Fauziyyah, KPI 3B


 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia