DKM Al-Muthma’innah Kabupaten Cianjur Adakan Ceramah Sebelum Khutbah Shalat Jumat

Dakwahpos.com, Cianjur – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muthma'innah Kabupaten Cianjur, pada hari Jumat (04/12/2020) mengadakan ceramah sebelum dilaksanakannya khutbah shalat jumat. Durasi dari ceramah yang dilakukan sebelum khutbah shalat jum'at tersebut adalah selama 20-30 menit.

Penceramah tetap di masjid Al-Muthma'innah adalah KH.R. Abdul Halim, atau jika berhalangan diganti dengan KH. Zaenal Abidin dan KH. Abdul Rauf, yang mana mereka juga masih ada hubungan keluarga. Materi ceramah yang biasanya disampaikan sebelum khutbah shalat jumat ini adalah membahas tentang permasalahan yang terkini.

KH. Abdul Rauf, DKM Al-Muthma'innah mengungkapkan bahwa diadakannya ceramah sebelum khutbah shalat jumat ini bertujuan agar para jemaah senantiasa mengikuti pengajian, walaupun sebelumnya niat mereka mendatangi masjid Al-Muthma'innah hanya untuk melaksanakan shalat jumat.

"Seenggaknya karena mereka jarang ikutan kegiatan pengajian, dengan adanya ceramah rutin tiap hari jumat sebelum khutbah di masjid Al-Muthma'innah, mereka jadi ikut ngaji dan ngederin ceramah, walaupun tadinya niat awal mereka datang ke masjid cuma buat ngelaksainain shalat jumat." Ujarnya.

"Jemaah shalat jumat emang masih pada telat sih, datangnya. Tapi setidaknya warga sekitar juga ikut mendengarkan ceramah yang disampaikan di masjid, karena memang letak masjid ini dekat dengan beberapa rumah warga." Ujar salah satu jemaah shalat jumat.

DKM Al-Muthmainnah, KH. Abdul Rauf berharap agar ceramah rutin hari jumat ini terus dilaksanakan, karena ini merupakan hal unik dan langka, karena sudah jarang sekali masjid-masjid mengadakan ceramah sebelum shalat jumat. Ceramah juga dilakukan agar para jemaah jadi lebih giat mengaji.

Nailah Adawiyah
Mahasiswa UIN Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023