Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DKM Al Hidayah Adakan Kegiatan Rutin Malam Rabu

Senin, 14 Desember 2020 | Desember 14, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-12-14T02:43:23Z

Dakwahpos.com, Ciamis -  Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Hidayah Kecamatan Sindangkasih RT 20 RW 07. Seperti biasa menyelengarakan kajian rutin setiap hari selasa malam rabu, acara yg baru saja di lakukan hari selasa tanggal 8 desember 2020 itu menghadirkan ustadz Agus Salim, dengan judul " Kenapa Jumlah Rakaat Shalat Wajib Tidak Semua Sama ?".

Kadang pada minggu ke 1 dan ke 2 pembahasan mengenai fiqih dan minggu ke 3 dan 4 akidah dan syiroh Nabawi. Kajian rutin ini di adakan dari ba'da magrib sampai 19.45 Pada kajian kali ini ustdz ahmad shaleh menerangkan sejarah singkat tentang shalat dari perjalanan nabi Ketika isra' miraj.

Lain halnya Ketika, orang tua mengajarkan pengetahuan tentang shalat kepada anak-anaknya, ia akan merasa mudah menjelaskan jumlah rakaat shalat Subuh itu dua rakaat, Zuhur empat rakaat, Ashar empat rakaat, Maghrib tiga rakaat, Isya empat rakaat.

Namun ketika sikap penasaran anak mulai muncul, kemudian ia mengajukan pertanyaan, "Kenapa jumlah rakaat shalat Subuh itu hanya dua, kan shalat Zuhur itu empat rakaat?" mungkin pertanyaan itu akan membuat setiap orang tua agak kebingungan untuk menjelaskan.

Oke, barangkali orang tua dapat menjawabnya dengan, "Itu contoh dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, anakku. Cara shalat itu harus mencontoh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam."

Namun, jika yang dimaui anak adalah jawaban yang lebih masuk akal dari itu, belum tentu setiap orang tua mampu menjelaskannya. Inilah pentingnya bagi orang tua untuk mengetahui hikmah di balik setiap syariat yang ada dalam Islam. Sehingga, orang tua tidak memberikan jawaban kepada anak dengan jawaban yang asal-asalan, apalagi jawaban dusta.

"Terkait jumlah rakaat shalat lima waktu yang tidak semua sama ini sekilas memang seperti urusan yang barangkali dianggap tidak begitu penting, sehingga kurang begitu diperhatikan. Namun sebenarnya ini sangat penting untuk diketahui. Sebab, dalam setiap syariat yang diturunkan Allah 'azza wajalla, mengandung hikmah yang begitu menarik untuk direnungi" terang ustdz agus salim kepada jamaah.

Lalu ustdz agus salim, menerangkan dengan hadist yg bersangkutan, juga inti dari pembahasan ternyata shalat pada awalnya berjumlah 2 rakaat namun dalam waktu yg sering hingga di singkat menjadi 5 waktu, namun di tetapkan 4 rakaat dalam waktu dzuhur, asar dan isya untuk shalat menetap. Di bedakan nya antara shalat subuh dan magrib karena waktu nya yg tidak lama di tambah pelaksanaan nabi pada 2 shalat itu selalu membaca dengan surat yg panjang sebagai awal memulai hari juga sebagai penutup hari. Adapun shalat jumat berjumlah 2 rakaat untuk membedakan shalat jumat dan shaat dzuhur di sisi lain untuk memudahkan jamaah karena kadang jamaah datang pada akhir khutbah.

Reporter

Nur Azizah Hidayah KPI 3/C

×
Berita Terbaru Update