Covid-19 dan Fitnah Akhir Zaman

Dakwahpos.com, Ciamis -  Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Hidayah Kecamatan Sindangkasih RT 20 RW 07 Melalui majelis taklim rutin setiap hari Rabu menghadirkan Ustadz Akhmad Muwafik Saleh ( 25/11/20 ). Kegiatan yg di ikuti oleh 11 majlis taklim dari kecamatan sindangkasih diantaranya Ancol, Gunung cupu, Budi Asih, Wanasigra, Pengkolan, Kalapanunggal, Suka maju, Boval, dan Nagrog Ciamis ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan di masa pandemi covid 19.

Dengan membawakan judul Covid 19 dan Fitnah Akhir Zaman, Ustadz Akhmad Muwafik Saleh menyampaikan keresahan masyarakat juga problemetika yg terjadi baru baru ini." Akhir zaman yg di sebutkan oleh Nabi Muhammad saw benar-benar tampak nyata di hadapan kita pada zaman sekarang ini. Salah satu tanda dari akhir zaman adalah banyaknya fitnah. Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabarani menyebutkan bahwa salah satu tanda akhir zaman adalah banyak kematian mendadak. Rasulullah bersabda :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، رَفَعَهُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : مِنِ اقْتِرَابِ السَّاعَةِ أَنْ يُرَى الْهِلالُ قِبَلا ، فَيُقَالُ : لِلَيْلَتَيْنِ ، وَأَنْ تُتَّخَذَ الْمَسَاجِدَ طُرُقًا ، وَأَنْ يَظْهَرَ مَوْتُ الْفُجَاءَةِ

Dari Anas bin Malik, dia meriwayatkan dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam , beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Di antara dekatnya hari kiamat, hilal akan terlihat nyata sehingga dikatakan 'ini tanggal dua', masjid-masjid akan dijadikan jalan-jalan, dan munculnya (banyaknya) kematian mendadak.

Beberapa hadits tentang akhir zaman mengarahkan pada satu kesimpulan informasi bahwa realitas akhir zaman akan banyak muncul berbagai fitnah yang terus menerus menerpa ummat Islam ibarat sebuah gelombang ombak yang terus kejar-kejaran bahkan semakin membesar. Istilah Nabi saw adalah ibarat malam yang semakin gelap dan pekat gelapnya, waktu demi waktu. Fitnah-fitnah tersebut akan terus menimpa umat Islam hingga fitnah terbesar akhir zaman yaitu munculnya Dajjal yang akan merusak keimanan seorang muslim" papar ustadz Akhmad Muwafiq.

Bencana bencana yang terjadi di akhir zaman adalah fitnah bagi umat manusia terkhusus kaum muslimin. Bencana wabah covid-19 adalah bagian dari fitnah akhir zaman. Kenapa demikian ?. Hal ini karena covid- 19 telah menebarkan banyak fitnah seperti pembunuhan, kematian yang mendadak serta rusaknya nama islam yang dilakukan baik oleh ummat Islam sendiri maupun uumat di luar Islam.

"Perhatikan bagaimana Covid- 19 telah menjadi bagian dari fitnah Akhir Zaman ini. Bahkan semuanya dapat difitnah dengan covid-19. Perhatikan bagaimana masjid ditutup dengan alasan covid. Setiap malam yang biasanya banyak ummat berkumpul untuk pengajian, saat ini dilarang dengan alasan covid. Orang yang sakitpun di fitnah dengan covid bahkan orang yang sehat pun juga dapat difitnah dengan covid. Tidak luput pula seseorang yang mati baik-baik di dalam masjid ataupun mati mendadak pun saat duduk-duduk di alun-alun pun dapat di fitnah covid dan ditangani dengan menggunakan prosedur penanganan covid dengan alasan sebagai langkah preventif. Sehingga seakan kita sulit membedakan antara tindakan kesiagaan dengan kepanikan (fobia) yang akhirnya menjadikan kecemasan dan kepanikan sosial yang semakin meluas. Lebih mengerikan lagi adalah hubungan antar masyarakat yang semakin mulai renggang sebab mereka dilanda perasaan saling curiga. Disaat seseorang bertemu dan ada seseorang yang ingin bersalaman maka tiba-tiba dalam pikirannya muncul perasaan "jangan-jangan" orang tersebut akan menularkan virus corona.

Covid-19 telah benar-benar menjadi alat fitnah terbesar bagi ummat manusia wabilkhusus terhadap ummat Islam. Sehingga banyak aturan-aturan Allah dan rasulnya yang tidak diindahkan dan bahkan dijauhi serta dilanggar. Pertanyaannya adalah benarkah virus ini benar-benar sangat mematikan hingga sedemikian menakutkannya ? ataukah ketakutan dan kepanikan kitalah sesungguhnya yang jauh lebih mengerikan ?. Marilah bertindak lebih rasional upaya menguatkan kesabaran dan ketawakalan kepada Allah dalam menghadapi setiap bencana agar tindakan tindakan kita dalam menghadapi bencana termasuk wabah pandemi covid-19 ini benar-benar terarah dan menemukan solusi secara tepat dengan arahan rasionalitas dan spiritualitas." Isi ceramah dari ustadz akhmad.

Reporter: Nur Azizah Hidayah KPI 3/C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023