x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Tips Mudah Memahami Bacaan

Oleh: Sabila Fadhilah

Seseorang biasanya terlihat cerdas dari apa yang dia bicarakan. Ketika yang ia bicarakan itu sarat akan makna pengetahuan, semakin terpandanglah orang itu. Tetapi, orang-orang hanya melihat hasilnya saja tanpa melihat prosesnya. Padahal dibalik semua itu, tentu saja kuncinya adalah banyak membaca buku, karena tidak mungkin bisa berbicara yang berbobot jika jarang membaca.

Banyak orang yang ingin memiliki hobi membaca tetapi terkendala karena seringkali sulit memahami dari apa yang dibaca. Biasanya karena sulit memahami bacaan tersebut, akhirnya malas dan tidak dilanjutkan ketika membacanya. Maka dari itu ada beberapa tips agar mudah paham ketika membaca buku supaya memudahkan kita dalam berliterasi.

Pertama, kenali elemen dari buku yang hendak dibaca. Ini supaya menjadi gambaran mengenai isi buku tersebut. Contohnya jika membaca novel, kita bisa membaca dahulu sinopsisnya agar mengetahui apakah kita tertarik dengan buku tersebut atau tidak, atau ketika membaca buku kita bisa membaca daftar isinya terlebih dahulu.

Kedua, miliki target waktu ketika membaca buku. Hal ini penting supaya kita tidak terlalu lama ketika membaca dan akhirnya berleha-leha, tetapi jangan pula terlalu cepat atau buru-buru. Karena akan lebih mudah ketika kita memahami sebuah bacaan dengan waktu yang singkat tapi efektif.

Ketiga, baca buku dari yang paling mudah. Karena dalam membaca pun ada tingkatannya mulai dari yang bahasannya ringan hingga berat. Sebelum membaca bacaan yang berat dan sulit dipahami, hendaknya kita membaca dari yang bacaannya ringan terlebih dahulu sebagai fondasi untuk bacaan selanjutnya.

Keempat, praktekkan isi buku. Ini termasuk salah satu cara jitu untuk mudah mehami suatu bacaan karena learning by doing akan sangat efektif. Selain bermanfaat untuk diri kita sendiri, tentu saja akan bermanfaat pula untuk orang lain.

Terakhir, yaitu kelima adalah dengan menggunakan alat ketika membaca. Alat yang dimaksud dapat berupa alat tulis atau alat peraga. Gunakan alat tulis untuk mencatat ringkasan atau poin-poin penting dari yang dibaca.

Tips diatas dapat digunakan ketika kita sulit memahami ketika membaca. Tetapi, janganlah membaca supaya ingin dipandang dan dipuji orang lain, membacalah untuk kemanfaatan diri sendiri supaya dapat berguna untuk membantu orang lain.

Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia