x
BREAKING NEWS

Rabu, 18 November 2020

Thermo Gun Merusak Otak

Oleh: Zayidah Ahsanti Celsyalia

Thermo gun atau termometer adalah alat yang sedang banyak digunakan saat pandemi virus covid 19. Alat ini banyak digunakan oleh instansi perkantoran,super market, rumah sakit dan masih banyak yang lainnya. Karena disaat pandemi ini alat tersebut sangat berguna untuk mengecek suhu tubuh kita saat berkunjung ke sebuah tempat keramaian.

Baru-baru ini beredar video bahwa thermo gun bisa menimbulkan kerusakan jaringan otak karena infra merah yang ditempelkan di dahi kita. Saat video itu viral dan dilihat oleh banyak masyarakat kemudian mereka berfikir bahwa mengecek suhu tubuh di dahi itu sangat berbahaya lalu menggantikannya di pergelangan tangan. Padahal pengecekan suhu tubuh yang paling efektif itu hanya di dahi saja karena hasilnya sangat mendekati derajat suhu tubuh yang sebenarnya .

Menurut Medical Editor SehatQ, dr.karlina lestari, alat ini sama sekali tidak merusak jaringan otak kita dan sudah lolos uji keamanan sehingga aman untuk digunakan saat pengecekan suhu tubuh. Di saat pandemi ini banyak yang memakai untuk thermo gun untuk mengecek subuh,lantas mengapa? Karena thermo gun di anggap cepat untuk mengecek suhu tubuh dibanding alat thermometer yang biasa kita gunakan.

Namun perlu di ingat, ketika mengecek suhu tubuh di usahakan tidak menempelkan langsung ke dahi karena virus itu bisa menyebar dengan sentuhan kulit

Semoga tidak ada lagi hoax yang muncul ditengah masyarakat karena banyak masyarakat sangat yang was-was dan sebisa mungkin kita menghindari keramaian untuk mencegah dari penyebaran virus yang semakin meluas.

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia