x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Tegakan Protokol Kesehatan Butuh Dukungan Sinergitas Publik

Oleh : Nadzar Akbar Firdaus

Tak terasa sudah hampir setahun rakyat di seluruh dunia terkhusus Indonesia menjalani kehidupan sehari-hari dengan protocol kesehatan agar harapan pandemi virus corona segera berakhir. Namun dalam kenyataan nya masih banyak ditemukan oknum-oknum yang melanggar protkol kesehatan , maka solusinya adalah aturan tersebut harus di tegakkan  secara tegas dan butuh dukungan  bersama-sama demi memutus penyebaran covid-19 agar segera berakhir. 

Yang menjadi tantangan terberat yaitu belum terealisasikan penyamaan persepsi  sehubungan dengan kasus covid-19. Yang dimaksudkan penyamaan persepsi disini ialah persepsi antara pemerintah dengan masyarakat adalah bagaimana kita mentaati  protokol kesehatan. Terlebih dari pihak pemerintah belum secara luas mengadakan monitoring dan edukasi di lapangan tentang protocol keseatan, apalagi menjatuhkan sanksi kepada mereka yang melanggar. Semuanya kembali kepada kesadaran masyarakat dan ketegasan pemerintah dalam penegakan protokol kesehatan.  

Sudah semestinya pemerintah harus tegas dalam menegakkan aturan pelaksanaan protokol kesehatan karena merupakan langkah tepat yang harus didukung penuh oleh masyarakat.  Dukungan masyarakat terhadap Pemerintah dalam pengendalian Covid-19  bisa dalam bentuk menumbuhkan disiplin pribadi dan mengajak masyarakat di lingkungannya mematuhi protokol kesehatan. 

Sepanjang masa transisi atu new normal ini, masyarakat harus tetap disiplin terhadap protokol kesehatan, dengan melakukan 3M mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak fisik, dan juga penting menjaga kesehatan lingkungan, menjaga kondisi tubuh, serta menjaga kesehatan jiwa. Oleh karena itu, Upaya warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan sangat dibutuhkan dalam memutus mata rantai penularan. Hal tersebut dapat dilakukan  dari ruang lingkup yang terkecil terlebih dahulu yaitu keluarga. 
keluarga juga memiliki peran dalam membentuk sifat dan karakter seseorang untuk belajar dan menerapkan norma perilaku. Peran penting inilah yang kemudian membuat keluarga memiliki fungsi penting dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk perubahan perilaku di era adaptasi normal saat ini.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia