x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Stasiun TV Perlu Menerapkan Protokol Kesehatan

Oleh : Nisa Mulyaningtias Azizah

Merebaknya pandemi virus covid-19 di akhir tahun 2019 hingga kini menjadikan tatanan kehidupan manusia secara global di muka bumi ini banyak berubah. Cukup dimaklumi, karena hampir semua negara di belahan bumi ini terkena dampak covid-19. Kehadiran virus ini membuat masyarakat resah dan takut karena virus tersebut tergolong dapat mengantarkan kepada kematian.

Pemerintahpun sudah mengeluarkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan juga protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak aman. Saat ini negara kita sedang beradaptasi dengan pola hidup baru atau new normal dimana orang-orang sudah bisa beraktifitas di luar rumah seperti bekerja atau mengunjungi tempat –tempat umum. Namun masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang tidak boleh diabaikan.

Salah satunya adalah industri hiburan TV yang sudah mulai aktif kembali membuat konten-konten acara dan melakukan siaran live di stasiun TV mereka masing-masing. Protokol kesehatan disini perlu diterapkan kepada para pengisi acara TV tersebut, karena akan memberikan contoh positif kepada seluruh masyarakat yang menyaksikan acara tersebut. Bukan hanya pengisi acara saja yang menerapkan protokol kesehatan tapi para crew yang berada di balik layarpun juga harus menerapkan protokol kesehatan.

Sejauh ini program-program televisi sudah melakukan beberapa protokol kesehatan namun masih ada beberapa yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Orang-orang yang menjadi pengisi acara TV tersebut memang menggunakan face shield sebagai pengganti masker, namun mereka menggunakan face shield hanya sebagai formalitas saja agar acara mereka tidak dikenakan sanksi oleh pihak KPI. Sikap mereka sama sekali tidak mematuhi protokol kesehatan seperti berpegangan tangan dan berpelukan, hal tersebut sudah sangat jelas melanggar protokol kesehatan jaga jarak aman.

Hal ini bisa memberikan efek negatif kepada para penonton yang menyaksikan acara tersebut. Seharusnya mereka bisa memberikan contoh postif bagi masyarakat yang menyaksikannya karena televisi dinilai efektif memberikan pemahaman dan persuasi ke masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu dukungan dari dunia pertelevisian bagi kesuksesan program protokol kesehatan jelas sangat berpengaruh, maka dari itu sangat ditekankan untuk program atau acara TV agar menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar. Jangan hanya mengedepankan rating acara saja dan megabaikan protokol-protokol yang harus dilakukan.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia