x
BREAKING NEWS

Jumat, 20 November 2020

Selesaikan Masalah Dengan Bijak

Oleh Agung Ginanjar

Masalah makin hari makin bermunculan, mau diselesaikan apa dibiarkan ? Tentu saja setiap orang punya masalah tersendiri, dan masalah pasti datang kapan saja, mau itu datang secara tiba-tiba atau datang akibat perilaku kita baik itu masalah yang kecil atau besar, dan tentunya setiap orang ketika menghadapi masalah mempunyai jalan keluarnya masing-masing dengan berbagai solusi.

Kebanyakan orang ketika masalah datang, orang sibuk memikirkan akan masalah tersebut, tanpa bertindak dan menanyakan kepada dirinya mengapa masalah yang sedang dihadapinya menimpa kepada dirinya. Hal tersebut hanyalah memusingkan pikiran kita dan hanya menguras energi dalam tubuh kita dan bisa dikatakan perbuatan itu tidak ada gunannya. Jangan gunakan waktu berhargamu hanya untuk memikirkan suatu masalah tanpa melakukan tindakan yang bijak. Permasalahan yang kecil juga akan bisa menjadi masalah yang besar, tergantung kondisi pikiran kita. Tanpa disadari, masalah yang sepele pun akan berubah menjadi masalah yang besar dan rumit ketika pikiran kita tidak terkondisikan.

Terkadang, banyak masalah menjadikan kita banyak mengeluh, sampai banyak cerita ke orang lain, apakah itu solusi terbaik ? Sekiranya kita bisa menyelesaikannya sendiri, jangan banyak cerita ke orang lain, ditakutkannya malah mengundang masalah baru. Mendramatisasi masalah bukanlah hal yang terbaik untuk memperbaiki keadaan, bisa jadi malah kita yang semakin tertekan akan masalah itu.

Tetapi sebelum kita menyelesaikan permasalahan tersebut, kita harus bisa memilah dan memilih mana jalan keluar yang terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tentunya kita harus lebih tenang dalam menghadapinya, jika hati dan diri kita tenang maka seberat apapun masalah yang kita hadapi akan terasa sedikit ringan dalam menghadapinya. Apa hanya sikap tenang saja yang harus dilakukan ? Tentunya tidak, sikap tenang saja tidak cukup, kita perlu tindakan supaya masalah yang kita hadapi cepat berlalu.

Suatu tindakan yang perlu dilakukan ketika menghadapi masalah diantaranya memiliki pikiran positif, temukan akar permasalahannya sehingga kita bisa menyelesaikannya dengan bijak, lihat solusi dari banyak sudut pandang dan pastikan pada diri kita kita bisa melewati masalah ini. Intinya, semakin banyak masalah yang datang dan dapat kita lewati masalah yang menghampiri diri kita akan menjadikan diri kita kuat terhadap permasalahan yang kita hadapi dan akan kita akan mengetahui kualitas diri kita.

Nama : Agung Ginanjar
NIM : 1194020008
Kelas : KPI / 3 / A
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Alamat rumah : Blok Kulon RT003/RW002, Desa Rawa, Kec. Cingambul, Kab. Majalengka Jawa Barat
 No HP : 081224331298

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia