x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Protokol Kesehatan bukan sekedar Himbauan

      Oleh: Muhammad Mufti Sulthanan                      Nasira

Tak terasa hampir beranjak di penghujung tahun. Selama tahun 2020 semua mendapati musibah yang sama-sama dirasa kan yaitu Pandemi COVID-19. Yang dimana virus ini dikategorikan sebagai wabah dunia. Tak heran jika semua merasa berat menghadapi ujian ini. Apalagi dari kalangan medis yang dimana merekalah garda terdepan dalam menghadapi suatu virus. 

Maka muncul lah skema-skema apik yang dilakukan oleh para tenaga medis dalam menangani COVID-19 ini. Yakni menjaga diri dengan protokol kesehatan yang telah dijadikan sebagai sebuah acuan. Protokol kesehatan ini berupa pemakaian masker dalam berpergian, mencuci tangan setiap akan atau telah melakukan sesuatu, dan menjaga jarak atau social distancing. 

Artinya menjaga jarak itu tidak diperbolehkan masyarakat berada dalam kerumunan, yang dimana hal itu bisa menjadi pemicu mata rantai virus ini. 

Namun, perlahan waktu berjalan. Banyak masyarakat yang sudah lalai dalam menjunjung tinggi etika menjaga kesehatan untuk dirinya sendiri. Banyak masyarakat yang justru acuh terhadap himbauan protokol kesehatan ini.

Jika dipahami dengan seksama, sebetulnya ini bukanlah sebuah himbauan belaka. Ini lebih kepada suatu tindak yang sudah sepatutnya kita lakukan. Sebagaimana jika kita berpergian dan tidak ingin terkena debu dijalan, maka memakai masker. Itulah contoh kecilnya, padahal debu tidak begitu berarti dibandingkan dengan virus. Tapi fakta yang terjadi masyarakat malah lebih khawatir dirinya menghirup debu dari pada tersebarnya virus ini.

Maka dari itu, mari sama-sama Sadari bahwa saat ini Pandemi masih belum benar-benar tiada. Dan sadarilah bahwa memakai masker, mencuci tangan itu bukan hanya dalam keadaan Pandemi. Bahkan untuk social distancing pun bisa berlaku diluar Pandemi jika memang kita menjaga etika kesehatan kita.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia