Perjuangan Bukanlah Pemberontakan

Oleh Alwi Salma 

Perjuangan merupakan aspek esensial dalam mewujudkan cita-cita yang ideal. Terciptanya lapangan pekerjaan baru, kebebasan mengungkapkan pendapat dan keadilan sosial menjadi dambaan rakyat Indonesia. Lantas, perjuangan seperti apa yang harus kita lakukan?.

Pertama, Memahami kondisi dan literasi. Minimnya kecakapan dalam mengambil tindakan yang benar mengakibatkan perjuangan bersifat ugal-ugalan dan destruktif. Kedua, Mengemukakan aspirasi harus sesuai aturan hukum dan etika. Kesalahan fatal, jika perjuangan berdasar tekanan emosi dan euforia massa, mengesampingkan sumbangan positif dengan jalur dialog diplomatis. Ketiga, Menjalin komunikasi intens antara pihak pemerintah dan masyarakat. Komunikasi menjadi penting untuk mencegah kesalahpahaman di kedua belah pihak.

Perlu kita cermati bahwa, paradigma aksi demonstrasi bukanlah menjadi lahan anarkis atau merusak fasilitas umum. Cacian (hate speech) dan hasutan adu domba, bukan (pula) bentuk perjuangan solutif. Melainkan, perjuangan berujung perpecahan antar anak bangsa.  

Pada akhirnya, mari berjuang dengan cara yang santun, elegan, tanpa melanggar konstitusi yang berlaku. Lakukanlah, hal positif sesuai keahlian masing-masing demi terciptanya tatanan masyarakat yang damai dan maju.


Alwi Salma
Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023