x
BREAKING NEWS

Sabtu, 21 November 2020

Peran Millenial Di Tengah Pandemi

Oleh: Atrasina Kiyasatina

Kerugian akibat dampak Pandemi Covid-19 telah dirasakan oleh hampir seluruh sektor dalam perekonomian Indonesia, tidak terkecuali sektor Pariwisata dan Ekonomi kreatif. Menurunnya nilai jual market atau pasar diakibatkan oleh pembatasan-pembatasan aktivitas fisik dan PSBB di Indonesia maupun negara lain yang merupakan mitra dagang Indonesia. Namun hal ini penting dilakukan karena dengan pembatasan-pembatasan ini diharapkan dapat mengurangi resiko penyebaran Covid-19, namun juga tidak dapat dipungkiri dengan adanya pembatasan ini perekonomian dan pendidikan mendapatkan dampak yang cukup serius.

Namun tidak semua usaha terdampak, misalnya seperti sektor telekomunikasi, farmasi dan logistik, karena pada saat ini banyak penggunaan fasilitas E-Commers dan internet yang lalu menjadi faktor peningkatan sektor-sektor tersebut, berbanding terbalik dengan pariwisata, karena pariwisata pada esensinya memerlukan interaksi manusia dan apabila dibatasi tentu saja tidak dapat beroperasi.

Pada akhirnya pandemi Covid-19 ini memunculkan istilah Newnormal atau disebut adaptasi kebiasaan baru, tujuan adanya newnormal agar masyarakat bisa kembali produktif, karena salah satu cara agar perekonomian kembali pulih yaitu dengan produktif kembali, namun perlu digaris bawahi dan kita pahami bersama bahwa keselamatan dan kesehatan juga sangat penting oleh karena itu, perekonomian dan kesehatan haruslah seimbang.

Maka dari itu generasi millenial dituntut untuk menjadi penggerak dan contoh bagaimana bisa aktif dan produktif kembali lalu bisa mendorong perekonomian dan pendidikan serta segala sektor di Indonesia kembali pulih dan membaik.

Generasi millenial memiliki peran penting dalam pembangunan Indonesia di masa sekarang dan masa depan. Peran generasi millenial di masa pandemi sekarang bisa dimulai dengan menyambut masa newnormal dengan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah lalu juga bisa dengan memproduksi dan membeli produk buatan indonesia serta produk UMKM sebagai dukungan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan membantu ekonomi Indonesia, khususnya masyarakat kecil yang tetap bergerak di masa pandemi.

Dengan begitu generasi millenial diharapkan dapat mendukung dan merubah keadaan Indonesia menjadi lebih baik.

Mahasiswa Jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia