x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Penanganan Covid-19 Bukan Hanya Tugas Kepala Daerah

oleh Nissa Aulina Fatihah

Sejumlah himbauan penerapan protokol kesehatan sudah seringkali disampaikan diberbagai media untuk seluruh kalangan. Tetapi sampai detik ini masih banyak yang abai pada penerapan protokol kesehatan yang dinilai sangat penting dalam pemutusan rantai tersebarnya Covid-19. Padahal secara nasional angka penurunan jumlah yang positif terpapar corona masih belum menurun. Sehingga diperlukan ketegasan yang harus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat demi keselamatan bersama.

Penerapan protokol kesehatan demi mencegah maraknya penyebaran virus covid 19 masih belum semua orang mampu menegakkannya. Ketegasan pemerintah dalam menegakkan aturan penerapan protokol kesehatan tidak akan ada artinya jika tidak didukung penuh oleh masyarakat.   Upaya ini tentu saja harus dibangun dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Dukungan ini bisa dalam bentuk penerapan disiplin diri maupun ajakan kepada sekitar dalam penerapan protokol kesehatan.

Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwasanya keselamatan warga masyarakat adalah hukum tertinggi. Dan diperlukan kolaborasi dari seluruh pihak untuk bahu-membahu melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona. Penangan Covid-19 ini bukan hanya tugas kepala daerah, akan tetapi menjadi tugas seluruh kalangan masyarakat. Ketika masyarakatnya lalai akan ketegasan penerapan protokol kesehatan, maka angka jumlah positif akan terus bertambah.

Hingga saat ini, ketegasan tindak pelanggar protokol kesehatan masih dipertanyakan kehadirannya. Karena kegiatan yang menyebabkan kerumunan masih sering terjadi. Dalam menyikapinya para pemilik kebijakan seringkali dilanda dilematis karena alih-alih mengambil kebijakan memutus rantai penyebaran covid 19 tetapi disisi lain khawatir akan menyebabkan kelumpuhan ekonomi.

Berbagai upaya dan kebijakan tentunya sudah dikeluarkan oleh pemerintah demi penanggulangan virus Covid-19 ini. Oleh karena itu, kebijakan dari diri sendiri dinilai lebih penting untuk penerapan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kita harus sama-sama berjuang untuk memutus rantai penyebaran virus ini. Karena ini bukan hanya tugas pemerintah ataupun kepala daerah. Ini semua adalah tugas kita bersama.

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia