x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Pemerintah Dan Rakyat Yang Terkadang Salah Paham

Oleh : Muhammad Nashihul Umam

Pemerintah menjadi komando dan kunci dalam mengendalikan kehidupan di suatu wilayah dari tingkatan terbawah RT/RW sampai tingkatan pusat agar rakyatnya hidup makmur dan sentosa. 

Dalam menjalankan peran sebagai komando, pemerintah membutuhkan peran elemen lainnya dari berbagai elemen masyarakat, tidak bisa independen, agar dapat tercapainya tujuan yang dicita-citakan.

Mengacu pada esensinya pemerintah tidak lain dan tidak bukan bagian dari masyarakat serta pemerintah sebagai pelayan masyarakat, peran pemerintah dan masyarakat bersama-sama membangun dan menciptakan kesejahteraan, tidak ada sekat atau perbedaan baik dari segi moril ataupun materil yang cukup signifikan, namun ketika adanya pembatasan dan sekat antara pemerintah dengan masyarakat, memandang masyarakat elemen tidak penting, harus dilayani dihormati dipentingkan oleh masyarakat bawah, mementingkan golongan sendiri, dan tak jarang para elit bersifat arogan, sehingga sering terjadinya pertikaian yang berawal dari disinformasi serta salah paham dan akhir-akhir ini pernah terjadi #mosi tidak percaya pemerintah.

Dimasa kemajuan informasi dan teknologi yang cukup pesat menimbulkan kecurigaan yang cukup berat bahkan dinilai mustahil dengan menganggap adanya disinformasi dan salah paham.

Masyarakat sangat menyayangkan dan merasa prihatin, jika ada konflik mengapa informasi dan salah paham sering menjadi alasan utama dan menganggap semuanya hanya rekayasa publik, padahal tekhnologi dan sains sangat maju.

Maka dari itu memulai jalin komunikasi dengan baik, saling terbuka, dan harus saling memahami dan menghargai antara lapisan masyarakat, agar terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia