x
BREAKING NEWS

Jumat, 20 November 2020

PAHAMI PROTOKOL KESEHATAN DENGAN BAIK

Oleh Wullan Syahra Ningrum
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Wabah virus covid-19 yang tengah melanda negara Indonesia kini mengalami statistik yang naik-turun di bererapa daerah di setiap harinya. Di Provinsi DKI Jakarta pun jumlah pasien positif korona telah menurun, tetapi dengan adanya hal tersebut tidak membuat kita terlepas dari protokol kesehatan. Meski demikian, potensi peningkatan kasus positif covid-19 masih besar kemungkinan terjadi, terlebih lagi telah diberikan kelonggaran dalam pembatasan berskala.

Dengan begitu, untuk mempertahankan penurunan pasien positif covid-19 tersebut kita tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Tidak hanya sekadar  menggunakan saja, tetapi harus diperhatikan apa yang kita gunakan sudah tepat dan benar. Seperti contohnya dalam penggunaan masker scuba dan buff di dalam kereta api, kini pemerintah telah mengeluarkan peraturan agar tidak menggunakan masker scuba dan buff di kereta api karena dinilai tidak efektif untuk mencegah penularan virus covid-19 karena hanya terdiri dari satu lapis saja.

Para dokter maupun tenaga medis telah menganjurkan agar kita semua menggunakan masker tiga lapis atau masker medis, yang telah teruji keefektifannya karena telah banyak digunakan juga oleh para dokter maupun para medis. Dan juga dapat menahan percikan droplets agar tidak mengenai orang lain.

Kita sebagai masyarakat awam yang kurang begitu paham mengenai protokol kesehatan lebih baik mengikuti anjuran pemerintah maupun para medis, agar tetap terjaga kesehatan kita karena para medis yang tentu jelas lebih paham mengenai protokol kesehatan yang baik dan tepat. Kita hanya perlu mengikuti aturan tersebut agar terhindar dari terjangkitnya virus covid-19 ini. Virus covid-19 ini tidaklah memandang usia, siapa saja bisa terjangkit. Bahkan orang tanpa gejala pun dapat dinyatakan positif covid-19 apabila tidak mematuhi protokol kesehatan dengan benar.

Untuk tetap produktif ditengah pandemi ini, sebaiknya kita tetap terus melakukan hal yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat banyak dengan cara memberikan penyuluhan mengetahui pentingnya menggunakan protokol kesehatan, karena tidak sedikit dari kita semua yang masih belum paham betul mengenai hal tersebut. Selain itu, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan bersih apabila habis berpergian, selalu gunakan masker tiga lapis, dan rajin melakukan olahraga.    

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia