x
BREAKING NEWS

Rabu, 18 November 2020

Pahami Hati Rakyat Agar Hidup Lebih Bermartabat

Oleh : Nandi Suyardi

Martabat rakyat naik turun dikala pandemi ini dan dengan segala simpang siurnya fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat. Sebelum lebih jauh mengulas tentang rakyat, apakah anda tahu makna dari istilah "martabat" ?. dikutip dari salah satu laman pengetahuan umun online, Martabat adalah hak seseorang untuk dihargai dan dihormati dan diperlakuka n secara etis,. Martabat merupakan konsep yang penting dalam bidang moralitas, etika, hukum, dan politik, dan berakar dari konsep hak-hak yang melekat pada diri manusia dan tidak dapat dicabut dari Abad Pencerahan.

Rakyat dikala pandemi ini haruslah banyak berterimakasih kepada pemerintah karenanya kita dapat menjalani kehidupan dikala pandemi ini dengan sokongan bantuan sosial. Tetapi disisi lain rakyat seperti dijadikan bahan percobaan dari segala aturan-aturan yang sesungguhnya membuat rakyat tidak dapat leluasa dalam berkehidupan. Sudah jelas aturan itu dibuat agar kehidupan rakyat lebih tertib tetapi bagaimana rakyat dapat memahami suatu aturan, kalau yang membuat aturan itu tidak dapat memahami apa yang sesungguhnya terjadi dimasyarakat.

Didalam merumuskan, apalagi men-sah-kan suatu aturan sebaiknya aturan itu dibuat atas dasar demokrasi, karena negara kita negara demokrasi, maka seharusnya suara terbanyak yaitu rakyat wajib dituruti selagi itu masih didalam koridor yang wajar.

Pahami rakyat bukan hanya dari awal saja, manis diawal saja, turun di masyarakat hanya diawal saja, tetapi pemerintah khususnya wakil rakyat harus selalu terjun langsung di masyarakat agar segala keluh kesah, segala curhatan-curhatan emak-emak itu dapat tertampung sebagai point penting yang dijadikan dasar perumusan aturan.

Maka dari itu mari kita sama-sama mebuka diri, membuka aspirasi, dan membuka gagasan, baik wakil rakyat ataupun rakyat agar asas tranparansi dapat digaungkan dengan lantang.

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia