x
BREAKING NEWS

Rabu, 18 November 2020

Masyarakat Berada di Jurang Literasi Digital

Oleh : Naura Fatha Larasati

Berbicara tentang literasi, nampaknya masyarakat Indonesia sekarang sedang berada di tempat dimana meraka kehilangnya kemampuan untuk berliterasi secara mendalam. Apalagi dalam dunia digital yang cenderung apapun bisa didapatkan lebih mudah dan praktis. Lalu yang dimaksud dengan literasi digital adalah kemampuan seseorang untuk mengakses, memahami, membuat, mengkomunikasikan dan mengevaluasi informasi melalui perangkat digital.

Seseorang dapat dikatakan memiliki kemampuan literasi digital saat ia tidak hanya mendapatkan informasi, tetapi ia juga dapat mengecek kebenaran informasi tersebut. Namun, pada kenyataannya masyarakat sekarang banyak yang tidak memiliki kemampuan literasi digital tersebut. Mereka akan langsung menerima informasi dengan bulat-bulat tanpa adanya evaluasi apakah informasi ini memiliki kebenaran atau tidak. Hal ini menyebabkan terjadinya misinformasi bahkan disinformasi dalam lingkungan masyarakat.

Misinformasi dan disinformasi ini tentunya sangat meresahkan dan membahayakan. Contohnya jika seseorang mengalami misinformasi, ia menerima informasi yang tidak benar lalu meyakini bahwa informasi itu benar tanpa diperiksa kembali kemudian ia sebar kepada orang lain.

Sama halnya dengan disinformasi, dimana informasi yang salah sengaja dibuat oleh pihak tertentu dengan sengaja untuk tujuan politik atau komersial yang jika tersebar, akan sangat meresahkan. Apalagi dalam dunia digital, informasi akan lebih cepat tersebar. Rantai tersebut akan terus berputar di tengah masyarakat dan menimbulkan masalah lain.

Dengan demikian, untuk menangani tersebarnya informasi yang salah, masyarakat haruslah meningkatkan kemampuan literasi digital. Setelah masyarakat menerima sebuah informasi, diharapkan mereka juga mengecek dan memahami kebenaran dari informasi tersebut. Kemudian saat sudah mengetahui kebenaran dari informasi itu, barulah kita membagikan informasi kepada orang lain.

Naura Fatha Larasati
Mahasiswi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia