x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Masalah Menupuk Negeri Terpuruk

MASALAH MENUMPUK NEGERI TERPURUK

Oleh : Raihan Husna

Di tengah pandemi yang belum usai, DPR malah menimbulkan hal yang kontroversi yaitu dengan disahkannya RUU Omnibus law. Sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus menyelenggarakan aksi demo dengan mengepung gedung DPR RI Jakarta pada tanggal 24 September lalu. Aksi demo ini diwarnai oleh bentrokan dengan aparat sehingga menimbulkan korban, aksi demo tidak hanya terjadi di DPR RI saja tetapi demo juga terjadi di gedung DPRD setempat. Hal ini membuktikan bahwa sebagian besar masyarakat tidak menyetujui tindakan pemerintah yang seolah tidak mendengarkan aspirasi dan keluhan masyarakatnya.

Para Mahasiswa menyelenggarakan demonstrasi untuk mewakili aspirasi masyarakat Indonesia yang setuju untuk menolak keras RUU yang kontroversial ini. Banyak pasal-pasal yang terkesan tidak memihak rakyat kecil dan tentu saja dapat merugikan bangsa Indonesia itu sendiri.

Para mahasiswa sempat meminta untuk bertemu dengan pihak DPR ingin menyatakan penolakan atas RUU tersebut dengan prosedur yang baik sebelum melancarkan aksi demo, namun pihak DPR itu sendiri tidak memberikan tanggapan cenderung mengabaikan sehingga aksi demo mahasiswa pun terjadi.

Seharusnya pihak DPR dan pemerintah bisa meredam dengan memberikan klarifikasi juga menyediakan ruang diskusi publik agar tidak menyulut kebingungan masyarakat menambah ketidakjelasan tentang pasal dan ayat-ayat RUU tersebut,  jadi turunnya para mahasiswa ke jalan juga tidak bisa disalahkan.

Permasalahan Corona yang belum tuntas ditambah RUU kontroversi yang mengundang kekecewaan masyarakat malah memperkeruh suasana negeri ini. Jika saja anggota DPR tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan, tentu saja kita akan terfokus kepada penyelesaian pandemi ini. Tapi kenyataannya pemerintah sendiri yang memperkeruh suasana. Akibatnya masyarakat berdemo, berdesak-desakan ditengah pandemi ini. Masalah semakin menumpuk negeri ini semakin terpuruk.

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia