x
BREAKING NEWS

Jumat, 20 November 2020

Lebih Bijak Dalam Bertindak

Oleh Agung Ginanjar

Situasi sekarang memang membuat semua orang resah, tidak hanya terdampak oleh salah satu negara, daerah ataupun kelompok tertentu saja, semua orang merasakan keresahan situasi pandemi Covid-19 ini. Penambahan kasusnya pun belum saja usai, semakin hari semakin meningkat, yang membuat aktivitas semua orang terganggu baik itu dalam hal pekerjaan, pendidikan maupun yang lainnya.

Semua orang berupaya untuk mempertahankan ekonominya yang sekrang turun drastis akibat pandemi ini, untuk bertahan hidup, membeli kebutuhan sehari-harinya ataupun membiayai keluarganya. Banyak orang yang gulung tikar, berhenti bekerja dan sebagainya, tetapi ada juga yang terus berusaha untuk mendapatkan uang untuk tetap mempertahankan ekonominya tetap ada. Contohnya ada yang tadinya pelatih sepak bola menjadi tukang mie ayam, ada yang tadinya bekerja sebagai karyawan beralih profesi menjadi seorang pedagang dan bayak contoh lainnya yang beralih profesi. Di masa pandemi ini, kita benar-benar harus memiliki sikap yang bijak supaya kita dalam bertindak tidak asal-asalan, selain mempertahankan terhadap ekonomi kita, kita juga harus tetap bijak supaya tidak terkena Covid-19 ini.

Upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19 ini sudah diupayakan, yang dimulai dari isolasi mandiri selama 2 minggu, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan upaya-upaya yang lainnya. Mengapa penularan sampai kasus Covid-19 ini masih meningkat ? Dalam hal ini, yang paling penting adalah kesadaran terhadap diri kita, dan tak perlu saling menyalahkan orang lain. Kita perlu tanyakan pada diri kita sendiri, apakah kita peduli dan sudah melaksanakan akan peraturan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 ini ?

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito memberikan pemahaman kedapa masyarakat tentang sejumlah istilah medis hingga upaya pemerintah menekan penularan Covid-19 di negeri ini. Ujarnya dalam keterangan pers yang disampaikan melalui chanel YouTube "Masyarakat perlu mengetahui beberapa istilah terkait vaksinasi agar tidak menimbulkan kesalahpahaman informasi." (15/10/20). Istilah akan vaksin ini adalah sebuah zat yang disuntikan ke tubuh manusia yang akan menstimulasi sistem kekebalan tubuh manusia(imunitas). Yang nantinya akan melindungi manusia dari penyakit yang sedang menjadi wabah, dalam hal ini yaitu Covid-19.

Semua orang tak boleh berlebihan dalam menangani pandemi ini dan juga tak boleh mengabaikan atau sampai meremehkan pandemi Covid-19 ini. Menangani situasi seperti ini, diri sendiri lah yang paling utama perannya, agar tidak terkena virus dan perekonomian tetap stabil. Bersikap bijak lah dalam segala hal, pikirkanlah terhadap apa yang akan kita lakukan, apakah akan berdampak positif ataukah sebaliknya. Setelah kita bisa mengontrol diri kita, maka saling ingatkanlah kepada orang lain supaya penularan Covid-19 ini cepat berlalu.

Nama : Agung Ginanjar
NIM : 1194020008
Kelas : KPI / 3 / A
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Alamat rumah : Blok Kulon RT003/RW002, Desa Rawa, Kec. Cingambul, Kab. Majalengka Jawa Barat
 No HP : 081224331298

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia