x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Lebih BaikBerutang dari Pada Rakyat hilang


Oleh : Rahman karim

Indonesia mendapatkan pinjaman dana dari jepang sebesar 50 miliar yen dan bantuan hibah senilai 2 miliar yen yang mana bantuan tersebut ditujuakan untuk bantuan penanganan pandemic COVID 19 dan 2 miliar yen nya untuk pembenahan perlengkapan. Dengan ini hutang Indonesia memang telah bertambah banyak mungkin pandangan kita akan bertambah buruk kepada pemerintah yang terkesan asal ambil langkah, ditambah lagi dengan adanya bunga yang diberikan sebesar 0.01% tapi sebenarnya dari langkah yang diabil adalah menggambarkan usaha pemerintah dalam menangani COVID 19.

Peminjaman yang diberikan bukanlah peminjaman tanpa batas waktu. Tapi waktu yang diberikan kepada Indonesia dalam masa pelunasan adalah selama 15 tahun, dalam jangka waktu yang bisa disebut lumayan lama tersebut tak dapat dipungkiri Indonesia memang butuh dan tapi hutang Indonesia sebelumnya saja belum terlunaskan.

Keputusan yang diambil oleh bapak presiden Jokowi dodo ini dalam fase masa jabatannya masuk ke 2 tahun, juga menimbulkan beberapa kontrofersi baru di Indonesia dengan beberapa masalah lama saja beum terselesaikan sudah memulai lembaran untuk membuka, masalah baru.

Disinilah sebenarnya pemerintah dapat memberikan penjelasan atau klarifikasi yang di butuhkan masyarakat sebelum adanya demontrasi terulan kembali, dan juga dibutuhkan pemahaman masyarakat dalam memahami substansi keputusan yang diambil pemerintah. Yang mana menandakan membangkitkan ekonomi rakyat adalah yang terpenting saat ini karana dimasa wabah pandemic ini begitu banyak pengeluaran baik dari pemerintah yang memberikan dana bantuan dan juga masyarakat karna tertahannya beberapa usaha dagang dan hal lain nya.

Dari setiap pertikaian yang tak berujung antara rakyat dan wakil rakyat sebenarnya keduanya tidak boleh kuat akan argument masing-masing tapi berani dan yakin akan adanya jalan tengah seperti kedua belah pihak mencoba saling memahami subtansi dari hal yang di perdebatkan dan saling menyimpulkan secara mufakat.

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia