x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Kebebasan Yang Diatur

Oleh: Dzulfikar Adirais

Kebebasan adalah hak yang dimiliki oleh setiap orang, baik itu kebebasan dalam berbicara, kebebasan dalam mendengar, kebebasan untuk bertempat tinggal, dan banyak lain hal nya. Tapi apakah kebebasan itu benar-benar penuh kita dapatkan? Kebebasan yang kita miliki terdapat hak orang lain didalamnya.

Dalam berkendara hendaknya kita memperhatikan pengendara mobil, motor, dan pejalan kaki. Undang-Undang telah mengatur bagaimana berkendara yang baik di jalanan, baik dalam hal kelengkapan berkendara dan sebagiannya. Akan tetapi, kita sering menemukan anak muda yang menggunakan knalpot racing yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan orang lain.

Dalam UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, disebutkan bahwa knalpot layak jalan merupakan salah satu persyaratan teknis kendaraan yang dikemudikan di jalan, yang terdapat pada Pasal 285 ayat (1). Atas dasar pasal itu , pihak kepolisian bisa menilang pengendara motor yang menggunakan knalpot yang tidak memenuhi syarat. Syarat standar tingkat kebisingan knalpot diatur di Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 7 tahun 2009 tentang ambang batas kebisingan kendaraan bermotor tipe baru. Untuk motor 80cc - 175cc, maksimal bising 83 dB, sebagian motor di atas 175cc dengan maksimal kebisingan 80 dB.

Knalpot yang bising bukanlah ukuran hebatnya kita dijalan raya, knalpot yang bising hanya membuat kita terlihat rendah karena tidak mengindahkan kenyamanan umum. Pengendara yang bijak adalah pengendara yang tidak hanya mementingkan ego pribadi tapi juga kepentingan bersama.

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia