x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Kebebasan Yang Bertanggung Jawab

Oleh: Dzulfikar Adirais

Dalam pembukaan UUD 1945 alinea pertama berbunyi: "bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dnegan peri kemanusiaan dan peri keadilan." Kita dapat memaknai dari kutipan pembukaan UUD 1945 bahwa kita setiap individu memiliki kebebasan dalam melakukan sesuatu, kebebasan tersebut adalah hak yang diperoleh oleh masing-masing individu yang berfungsi dalam kehidupan.

Kebebasan memiliki arti yang luas dan banyak, masing-masing individu memiliki kebebasan untuk beragama, untuk berbicara, untuk hidup, untuk bertempat tinggal, dan banyak hal lain jika kita menghubungkannya dengan 'kebebasan'. Pertanyaannya adalah apakah kita benar-benar bebas? Apakah kita dapat melakukan segala hal dengan semaunya tanpa perlu memperhatikan segala sesuatu? Tentu saja jawabannya tidak.

Manusia merupakan makhluk sosial yang artinya bahwa manusia tidak dapat berdiri sendiri, manusia membutuhkan manusia lain untuk melengkapi hidupnya. Tentu saja kita seorang manusia tidak dapat memungkiri hal tersebut, kita membutuhkan yang lain, kita tidak dapat hidup sendiri. Lalu apakah kita dapat hidup bebas? Jawabannya bisa, tapi tentu saja dalam hal ini kebebasan yang kita peroleh bukanlah kebebasan yang kita dapat semena-mena. Kebebasan yang kita miliki hendaklah digunakan dengan bijak. Kita memiliki kebebasan dalam berbicara, lalu apakah kita bebas untuk mengatai seseorang? Tentu tidak.

Dalam hal ini lah kita melatih diri kita agar dapat menggunakan dengan bijaksana kebebasan yang telah kita miliki. Ingatlah selalu untuk bertanggung jawab atas segala hal yang telah kita lakukan, ingatlah selalu bahwa apa yang kita lakukan dapat memberikan pengaruh kepada hal-hal yang berada disekitar kita. Kebebasan yang kita miliki sebagai seorang anak, kebebasan yang kita miliki sebagai seorang pelajar, kebebasan yang diperoleh sebagai seorang ketua RT, kebebasan yang diperoleh sebagai wakil rakyat, siapapun itu pergunakanlah kebebasan yang diperoleh dengan bijaksana dengan memperhatikan hal-hal yang ada disekitarnya. 

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia