x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Kebebasan adalah keterbatasan


Oleh: Sabila Fadhilah

Manusia adalah individu yang memiliki kebebasan dan kendali penuh atas dirinya sendiri. Pada dasarnya kebebasan itu tidak terbatas, tetapi ketika bersinggungan dengan kebebasan orang lain, itu menjadi sangat terbatas. Banyak orang yang dengan lantang menuntut kebebasan sepenuhnya atas dirinya atau kelompoknya tanpa memikirkan bahwa ada kebebasan orang lain juga yang harus diperhatikan.

Arti kebebasan sendiri menuru Franz Von Magnis dalam karyanya "Etika Umum" memiliki tiga pengertian, yaitu kebebasan jasmaniah, kebebasan kehendak, dan kebebasan moral. Tetapi ada pro kontra mengenai pendapat Franz ini, karena bila kebebasan kehendak dipisahkan dengan kebebasan moral, itu dapat mempengaruhi penilaian moral seseorang.

Pada saat ini banyak orang yang egois mengartikan kebebasan karena hanya memikirkan nafsu egonya sendiri, tanpa menghargai orang lain. Padahal orang lain pun memiliki kebebasan yang sama. Ketika kita sendiri tidak bisa menghargai kebebasan orang lain, maka jangan harap orang lain akan menghargai kebebasan kita sendiri.

Dapat dilihat contohnya yaitu ketika demo tanpa menaati peraturan atau prosedur yang berlaku. Memang, setiap orang memiliki kebebasan dalam menyampaikan aspirasi, tetapi ketika unjuk rasa tersebut sampai merusak fasilitas, melakukan vandalisme, atau melakukannya di tengah jalan tanpa izin dan pengawalan aparat yang berwenang, artinya mereka sudah salah dalam mengartikan kebebasan itu sendiri.

Maka dari itu jika ingin kebebasan kita dihargai, kita harus menghargai kebebasan orang lain juga. Karena sebetulnya makna dari kebebasan itu adalah terbatas. Banyak hal yang dapat membatasi hal itu seperti agama, aturan, atau budaya. Maka, ketika elemen-elemen tersebut tidak berjalan dengan baik, kehidupan akan menjadi berantakan karena manusia tidak memiliki batasan dalam mengendalikan dirinya.

Mahasisi KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia