x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Jangan Salah Tanggap

       Oleh: Muhammad Mufti Sulthanan                        Nasira

Multi tafsir mungkin lebih cocok dikatakan dalam keadaan saat ini. Mengapa demikian, karena akhir-akhir ini masyarakat Indonesia banyak sekali yang salah menafsirkan atau bahkan menduga-duga suatu problematika tanpa di kaji lebih dahulu. Pasalnya, dengan salah tanggap ini selalu memunculkan problematika baru diatas problematika lainnya. Contoh sederhananya adalah banyak sekali di kalangan pelajar khususnya yang belum memahami suatu masalah umum dengan bijak dan baik, yang kemudian berdampak menjadi kerugian bagi mereka sendiri. Andai saja masyarakat ini memahami terlebih dahulu substansi daripada suatu masalah, maka yang terjadi kedepannya adalah kebaikan bagi mereka. Jangan sampai salah tanggap memahami suatu isu itu.

Masalah utama daripada salah tanggap ini adalah ketidaksadaran masyarakat dalam memahami terlebih dahulu suatu isu, yang kemudian banyak dari masyarakat yang tidak mau membaca apa yang di isu kan yang kemudian mereka hanya mendengar suatu opini dari orang yang belum tentu jelas dan benar opininya. Ini menjadi tugas untuk kita semua, bagaimana caranya agar masyarakat sebelum melakukan suatu tindakan untuk lebih memahami dahulu masalah yang terjadi. Di samping masyarakat mengkritik kebijakan-kebijakan pemerintah, masyarakat di nilai perlu beradaptasi terhadap diri mereka masing-masing dalam memahami suatu isu atau masalah.

Jadi jangan sampai masyarakat itu banyak yang salah tafsir di karena kan kurang nya memahami substansi terlebih dahulu terhadap suatu masalah. Berdiskusi kemudian membaca suatu masalah bersama-sama adalah langkah awal sebelum melakukan tindakan. Mempersiapkan segala apa yang akan di suara kan oleh masyarakat dengan perspektif yang jelas dan benar. Terlebih untuk para pelajar perlu lebih bijak lagi dalam melakukan tindakan lapangan. Karena tidak sedikit kaum pelajar yang terjaring oleh pihak keamanan dikarenakan mereka tidak paham betul dengan substansi suatu isu atau masalah tersebut.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia