Jangan salah kaprah, kenali ragam istilah seputar vaksin


oleh : indry febrian

Sebagian orang belum memahami beragam istilah kesehatan selama pandemi  covid'19. Apa lagi saat ini para peneliti sedang belomba lomba menemukan vaksin untuk di berikan pada semua populusi di dunia. Sebetulnya, apa yang disebut dengan vaksin? Lalu apa bedanya dengan imunisasi? Apa itu vaksin? itu adalah suatu prosedur untuk masukan vaksin ke dalam tubuh biasanya disuntikkan untuk stimulasi sistem imun tubuh dan bisa produksi imunitas terhadap suatu penyakit. Apa itu imunisasi? Adalah proses memampukan tubuh sehingga terproteksi dari penyakti lewat vaksinasi. Apa itu imunitas? Adalah kemampuan tubuh memerangi penyakit.

Apabila imunitas terbentuk imunitas dan akhirnya terlindungi. Berapa Vaksin yang Dipersiapkan Pemerintah? Saat ini terdapat beberapa jenis vaksin yang sedang dipersiapkan pemerintah. Ada Sinovac, Sinopharm, Cansino, AstraZeneca dan Genexine. Sebelum vaksin diproduksi massal dan diberikan ke masyarakat, terdapat berbagai tahapan pengembangan yang harus diikuti semua produksi vaksin."Tahapan ini secara umum bertujuan untuk pastikan keamanan pada manusia termasuk menentukan rentang dosis yang aman untuk digunakan.

Keamanan vaksin bagi masyarakat utu adalah prioritas dan tugas utama pemerintah," tegasnya. Selain itu masyarakat juga mampu menjaga kesehatan diri sendiri. Dengan cara menjaga imun tubuh. Imunitas tubuh setiap orang tentu berbeda-beda, ada yang memiliki imunitas yang rendah maupun yang kuat. Untuk itu, coba terapkan beberapa cara berikut agar dapat menjaga hingga meningkatkan imunitas tubuh supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit!

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Cara termudah menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh Anda adalah dengan memberikan asupan vitamin dan mineral yang cukup. Perbanyak makanan yang mengandung antioksidan, vitamin A, C, E dan nutrisi lainnya yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, pastikan pula pola makan, usahakan untuk makan secara teratur dan tepat waktu sesibuk apa pun kegiatan Anda. Jangan lupa untuk cukupi konsumsi air putih sedikitnya delapan gelas per hari.

2. Istirahat yang cukup

Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam. Tubuh menghasilkan sedikit antibody pada saat tubuh kurang beristiraha sehingga tubuh menjadi lebih mudah stres dan imunitas dapat lebih menurun.Cukupi jam istirahat Anda agar tubuh tetap

3. Perbanyak olahraga

Dengan rutin berolahraga, kebugaran dan kesegaran tubuh Anda akan meningkat yang turut meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Setidaknya, coba untuk rutin berolahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Usahakan berolahraga di luar ruangan saat pagi hari agar Anda cukup terpapar sinar matahari yang juga baik untuk tubuh. Beberapa penelitian mendukung teori bahwa vitamin D dalam tubuh yang aktif setelah berjemur dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi saluran pernapasan akut.

4. Hindari stres

Hindari rasa stres berlebih karena dapat mempengaruhi suasana hati dan juga berakibat menurunkan sistem daya tahan tubuh, dimana kadar kortisol dan adrenalin lebih tinggi dan membuat Anda mudah jatuh sakit. Kelola agar stres tidak berlebih dengan meluangkan waktu santai dengan melakukan hobi atau kegemaran Anda.

5. Konsumsi suplemen maupun vitamin

Lengkapi pola hidup sehat Anda dengan mengonsumsi suplemen maupun vitamin, terlebih jika Anda merasa asupan Anda kurang bernutrisi. Suplemen yang mengandung vitamin B6, C, D, E dapat membantu tubuh menjaga hingga meningkatkan imunitas. Vitamin C misalnya, dapat menstimulasi sistem imun untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh.

6. Jaga Kebersihan Tubuh

Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat salah satunya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau gunakan hand sanitizer. Tanpa disadari, orang sering memegang muka, hidung atau mengucek mata dengan tangan yang belum tentu bersih. Cuci tangan paling tidak 20 detik untuk meminimalkan bakteri dan menjaga sistem imun.

7. Rutin lakukan pemeriksaan kesehatan

Lakukan pemeriksaan kecukupan vitamin dan mineral dalam tubuh untuk mencegah berbagai jenis penaykit menyerang.




Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023