x
BREAKING NEWS

Rabu, 18 November 2020

Jangan Lengah ! Korona Masih Ada

Oleh : Nandi Suyardi

Penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 3.732 orang dalam 24 jam terakhir. - Kompas.Com. Telah Lima bulan menjalani New normal,  masyarakat Indonesia sudah dapat beraktivitas seperti biasa namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Sosialisasi protokol kesehatan yang dilakukan pemerintah masih tetap dilaksanakan namun disatu sisi tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan menurun, ditandai banyak orang yang tidak mengenakan masker, abai terhadap kerumunan, dan tidak menjaga jarak. Pola pemikiran ini diakibatkan dari situasi yang mendorong mereka tidak menggunakan masker protokol dan protokol kesehatan lainnya, situasi apa yang mendorong mereka melakukan hal tersebut?, seperti yang kita ketahui bersama banyak orang yang menduga Covid-19 ini telah tiada.

Menurut WHO (World Health Organization) ada 4 cara penyebaran Covid-19, yaitu Melalui droplets (percikan air mulut), melalui udara, permukaan yang terkontaminasi, dan Fecal-Oral atau Limbah Manusia.

Dari keempat cara penyebarannya, penyebaran melalui udara kerap tidak menjadi perhatian, yang mengakibatkan jumlah suspek Covid-19 masih ada. Kepala Lembaga Biologi Molkuler, Amin Subandio menghimbau agar masyarakat selalu waspada dengan pandemi global ini. Lalu bagaimana cara agar diri kita terhindar dari Covid-19 ? yaitu dengan patuhi protokol kesehatan diantaranya; 1. Cuci tangan secara berkala dengan cara yang benar, 2. Selalu menjaga jarak ketika di ruang-ruang publik, dan 3. Gunakan selalu masker yang dianjurkan pemerintah.

Kewaspadaan terhadap terpaparannya virus Covid-19 harus lebih ditingkatkan salah satunya dengan memerhatikan tempat apa saja yang rentan terpapar Covid-19 ketika kita beraktivitas. Ada tujuh tempat yang paling rentan menjadi tempat penularan virus korona; 1. Tempat ibadah, 2. Halte, 3. Pasar, 4. Transportasi umum, 5. Tempat makan umum, 6. Kantor/ tempat kerja, 7. Tempat olahraga indoor.

Dengan menerapkan anjuran-anjuran dari pemerintah, maka kita telah membantu agar virus Covid-19 ini menghilang dari negeri ini.

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia