x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Jadilah Netizen Yang Bijak


Oleh: Sabila Fadhilah

Di zaman yang serba modern ini, kita tidak terlepas dari yang namanya media sosial. Karena, di masa sekarang ini, media sosial menjadi wadah untuk bertukar informasi yang sangat cepat. Apapun dapat dibagikan melalui media sosial, seperti melalui platform facebook, instagram, twitter, dan lain-lain.

Karena mudahnya orang-orang mengakses media sosial, informasi pun sangat cepat tersebar di masyarakat. Maka dari itu, kita harus berati-hati dalam menerima informasi karena kita tidak tahu kebenaran pasti suatu informasi jika hanya membaca dari satu sumber saja. Bukan hanya berhati-hati dalam menerima informasi, dalam mengutarakan pendapat pun harus hati-hati, istilahnya "jangan asal komen!".

Dapat kita lihat sekarang, banyak orang yang dengan bebas berpendapat di media sosial. Contohnya dalam akun twitter @mazzini_gsp dimana ia seringkali menulis cuitannya untuk merespon berbagai informasi yang beredar. Tetapi, dalam merespon sesuatu kita haruslah paham dan melakukan crosscheck atas kebenaran informasi tersebut. Jangan asal berpendapat tanpa mengetahui isi dari berita yang beredar.

Sebab, saat ini banyak orang yang asal berpendapat tanpa mengetahui substansi perihal yang diberitakan. Biasanya, karena ingin dilihat dan dipuji orang atas keberaniannya untuk speak up. Padahal itu akan berdampak buruk bagi dirinya maupun orang lain yang membacanya. Bukankah dapat menyakiti hati orang lain apabila asal 'komen' tanpa melakukan tabayyun terlebih dahulu?

Akan berbahaya juga bila kita asal berpendapat tanpa mengetahui kebenarannya dan itu bisa menjadi berita hoax yang akan tersebar di masyarakat. Apalagi saat ini ada UU ITE dimana mengharuskan kita benar-benar berhati-hati dalam berbicara di media sosial. Walaupun ini adalah pasal 'karet', tetapi tidak sedikit orang yang ditangkap karena terkena UU ITE.

Maka dari itu jadilah netizen yang bijak dengan berhati-hati dalam berpendapat di media sosial dengan melakukan crosscheck terlebih dahulu dan bertanggung jawab atas apa yang disampaikan di media sosial. Jangan asal bicara jika tidak mengetahui kebenarannya, karena kita tidak akan tahu tulisan kita akan sampai kemana dan dibaca oleh siapa saja.

Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia