x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Hargai Diri Dengan Memahami Substansi


Oleh Fathiyyah Raisah Amani

Menghargai diri sendiri dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu dengan memahami substansi sebelum berbicara. Hal ini tentu penting untuk dilakukan karena dengan memahami substansi terlebih dahulu kita dapat menguasai topik yang akan dibicarakan atau dikritisi. Selain itu, argumen yang kita sampaikan akan lebih bermakna dan tidak terkesan ngawur.

Ada sebuah pepatah mengatakan mulutmu harimaumu dengan makna agar kita selalu berhati-hati dalam berbicara dan menjaga lisan kita. Istilah lain mengatakan bahwa lidah tidak bertulang namun dapat lebih tajam dari pedang. Ini disebabkan karena lidah dapat menimbulkan perpecahan atau kebencian, merubah status yang asalnya kawan menjadi lawan dan semacamnya.

Perkataan yang keluar dari mulut kita tidak dapat ditarik kembali. Berkata baik atau buruk itu pun sebuah pilihan, semua itu tergantung kepada diri kita sendiri. Namun hal itu perlu diperhatikan karena tentu akan memberikan dampak pada orang lain maupun untuk diri kita sendiri. Jika kita mengucapkan kata yang buruk, bisa saja perkataan itu membuat orang lain sakit hati dan berlanjut pertikaian atau hal-hal yang tidak kita inginkan.

Oleh sebab itu berpikir sebelum berbicara sangatlah penting untuk diterapkan dan ditingkatkan karena lisan dapat menunjukan kualitas diri seseorang. Baik buruknya seseorang akan terlihat dari perkataan yang keluar dari mulutnya. Dengan memahami substansi juga dapat menunjukan kualitas diri yang baik karena sebelumnya kita tentu berpikir secara kritis, membandingkan beberapa sudut pandang yang berbeda lalu menyampaikan argumen dengan tidak asal berbicara.

Maka semestinya jika kita ingin dihargai oleh orang lain, kita pun harus menghargai orang lain. Hal sederhana ini pula dapat kita mulai dari diri kita dengan menjaga lisan agar tidak asal berbicara. Apabila kita tidak mengetahui sebuah perkara dengan pasti, sebaiknya diam saja.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia