x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Etika Berbicara Dalam Berselancar Di Dunia Maya

Oleh Fathiyyah Raisa Amani

Seperti yang kita tahu, belakangan ini media sosial kerap kali digunakan sebagai sarana untuk mengungkapkan rasa kebencian. Tak jarang pula banyak dari penggunanya menghakimi atau menistakan pihak lain sehingga mengakibatkan pertengkaran yang tak kunjung usai. Sangat maraknya pengguna akun palsu dengan peran menyebarkan kebencian juga membuat media sosial masuk dalam tahap mengkhawatirkan.

Hal ini tentunya menjadi ancaman dan tantangan bagi kebhinekaan bangsa. Maraknya ujaran kebencian di media sosial dapat berpengaruh terhadap persatuan dan kesatuan. Barangkali saat ini orang lain tidak berpikir panjang lagi untuk melecehkan seseorang. Ujaran kebencian, sikap tidak peduli, fitnah dan hasutan semakin deras bermunculan di media sosial.

Media sosial memang diciptakan sebagai wadah untuk mewujudkan kebebasan berpendapat maupun berekspresi. Setiap orang pun bebas dalam menyuarakan dan menyebarluaskan pendapat sesuai hati nuraninya. Di Indonesia, hak kebebasan dalam perpendapat diatur dalam pasal 28E ayat 3 UUD 1945. Namun tentunya dalam menyuarakan pendapatnya, seseorang harus memperhatikan dan menghargai hak orang lain, terutama dalam pengunaan media sosial.

Dalam berselancar di dunia maya, semestinya norma-norma di kehidupan nyata perlu diperhatikan. Bagaimana pun norma-norma perlu dijunjung. Etika berbicara dalam kehidupan nyata seharusnya berlaku pula di dalam dunia maya. Hal ini tentu sangat penting diperhatikan agar setiap orang dapat lebih bijak dalam bertutur kata dan mengekspresikan dirinya di media sosial.

Media sosial merupakan ruang publik yang dimiliki oleh semua orang. Oleh karena itu dalam menyuarakan pendapat, seseorang harus memiliki etika berbicara dan sikap tanggung jawab. Kebebasan bersuara tanpa etika akan menghasilkan anarki. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka sebaiknya setiap orang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berbagi hal-hal baik kepada sesama.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia