x
BREAKING NEWS

Jumat, 20 November 2020

Dengan Bersama Kita Tumbuhkan Kesadaran Diri

Oleh Wullan Syahra Ningrum
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dibukanya beberapa tempat wisata dan fasilitas umum lainnya di tengah pandemi membuat para masyarakat lupa akan pentingnya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Banyak masyarakat yang mengira bahwa pasien positif covid-19 ini sudah menurun, padahal kenyataannya adalah kian hari makin meningkat. Sikap masyarakat yang acuh seperti itulah justru yang menimbulkan banyak masyarakat yang berfikir bahwa pandemi ini sudah berakhir.

Tidak jarang pula banyak ditemukan beberapa kawasan wisata yang kurang tegas dalam menegakkan protokol kesehatan ini. Mengukur suhu hanya dijadikan sebagai formalitas saja, bahkan masih banyak juga petugas yang tidak menggunakan masker atau faceshield dengan benar. Dalam hal untuk menjaga jarak juga tidak diperdulikan, banyak juga mall atau tempat lainnya yang telah memberlakukan jalur satu arah untuk mengurangi jumlah pengunjung agar tidak terlalu berdekatan. Tetapi banyak juga yang masih abai akan hal tersebut.

Kalau sudah seperti itu salah siapa? Petugas yang kurang tegas kah? Atau masyarakat yang abai akan protool kehatan? Sebenarnya untuk menegakkan protokol seperti itu tidak hanya dilakukan oleh petugas saja, tetapi kita juga harus ikut bekerja sama untuk menegakkan peraturan tersebut. Lagipula itu bukan hanya untuk kepentingan para petugas saja, tetapi untuk kepentingan kita bersama. Petugas membantu kita agar terhindar dari virus, dan tugas kita hanya perlu mengikuti protokol kesehatan tersebut.

Pandemi ini masih ada dan entah kapan berakhir. Jika ingin berakhir, patuhi dengan benar protokol kesehatan yang ada, selalu update mengenai berita terbaru mengenai virus ini. Dan untuk kepada para petugas covid-19 agar lebih tegas lagi untuk menegur seseorang apabila terbukti tidak mematuhi protokol tersebut.

Jika petugas tidak berani untuk menegur yang tidak mematuhi protokol kesehatan, lantas siapa lagi yang ingin menegur? Di jaman yang sekarang ini sulit untuk menumbuhkan kesadaran seseorang jika kesadaran itu tidak tumbuh dari diri sendiri.


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia