x
BREAKING NEWS

Sabtu, 21 November 2020

Covid-19 Memacu Adanya Transformasi Digital

Oleh: Atrasina Kiyasatina

Dampak Pandemi Covid-19 telah memberikan efek yang luar biasa  pada seluruh aspek kehidupan di masyarakat dari segi pendidikan, pekerjaan, perbelanjaan dan hal lainnya sehingga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sektor bisnis di dunia internasional khususnya Indonesia. Banyak kebijakan yang di terapkan oleh pelaku bisnis dan pemerintah, dengan cara mengefisiensi sumber daya, pembatasan waktu kerja, merumahkan karyawan hingga melakukan PHK kepada para pekerja dan memperketat aturan berbisnis dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Akibatnya sebagian besar pelaku usaha mengalami kerugian yang memaksa para pelaku usaha melakukan tranformasi pada bisnisnya, terutama sektor UMKM yang mengalami dampak cukup dalam, dan hal itu diakibatkan karena menurunnya frekuensi belanja masyarakat di tengah pemberlakuan PSBB yang masih melakukan bisnis secara konvesional.

Pandemi Covid-19 memberikan transformasi yang tidak bisa terelakan di sektor bisnis, perubahan yang terjadi mencakup struktur, strategi, operasional, dan budaya ke arah digitalisasi. Dampaknya ada bisnis yang terpuruk dan juga berkembang karena berhasil memanfaatkan peluang khususnya pada bidang jual beli menggunakan market place yang ada, tranportasi dan pengiriman barang, pembayaran digital dan lainnya.

Adaptasi kebiasaan baru atau newnormal memaksa pelaku bisnis melakukan transformasi digital. Hal tersebut kemudian membuat transformasi digital di Indonesia melaju sangat kencang, bahwa akibat dari Covid-19 mempercepat tatanan baru pada ekonomi di Indonesia terutama dalam transformasi digital.

Transformasi digital menjadi suatu keharusan yang baiknya di terapkan pada masa sekarang, karena untuk mempertahankan suatu peroses bisnis transformasi digital yang mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital dapat mengubah cara berbisnis, beroperasi dan melayani pelanggan secara ekonomis dan praktis. Dengan adanya transformasi digital diharapkan agar merubah semua sektor yang terdampak agar kembali aktif dan beroperasi dengan mudah dan praktis.

Mahasiswa Jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia