x
BREAKING NEWS

Rabu, 18 November 2020

Batasan Dalam Mengekspresikan Kebebasan

Oleh : Muhammad Mukhlish Amalu Sholeh
Kebebasan dalam berpendapat merupakan salah satu bagian dari hak asasi manusia. Kebebasan bersifat universal, namun dalam penerapan kebebasan itu ada batasan-batasan yang mencakup hak individu lain. Menyatakan pendapat dilingkungan kenegaraan haruslah sesuai dengan etika berpendapat, karena etika dalam berpendapat menimbulkan keharmonisan antara setiap elemen kehidupan bermasyarakat.
Kebebasan dalam berekspresi dan menyuarakan suara rakyat tentulah menjadi bagian dari kepentingan bersama setiap individu. Salah satu contohnya adalah demo. Demo merupakan salah satu contoh bentuk kebebasan yang dilakukan oleh kelompok individu yang bertujuan untuk mengingatkan kepada pihak birokrasi untuk selalu menjalankan tugas yang telah diamanahkan oleh rakyat.
Dalam setiap demo atau aksi yang dilakukan oleh kelompok individu. Terdapat beberapa batasan yang harus dipatuhi, yakni menghormati segala keputusan yang telah diperjuangkan, menghargai orang lain dalam pelaksanaan aksi, menjaga keharmonisan antara kelompok individu dengan aparat, dan mejaga ketertiban dalam melaksanakan aksi. Karena tentulah dalam penerapannya harus mengingat tentang adanya hak dan kepentingan individu lain.
Jika penerapan kebebasan dilakukan dengan cara yang tidak benar. Maka hasil yang akan diperoleh dapat merugikan seluruh aspek dan bahkan menyebabkan kehancuran bagi individu itu sendiri.
Keseimbangan dalam menghargai kepentingan seluruh aspek masyarakat dapat memberikan timbal balik yang positif bagi seluruh aspek kehidupan. Dengan memahami batasan-batasan dalam kebebasan, setiap individu akan dapat merasakan arti kebebasan yang sesungguhnya.
Untuk itu dalam menyuarakan kebebasan. Setiap individu haruslah saling menjaga, menghargai dan menghormati segala bentuk hak dan kepentingan bersama untuk menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Muhammad Mukhlish Amalu Sholeh
Mahasiswa Jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam
UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia