Top Ad unit 728 × 90

Banyak Bicara Kosong Isinya

Oleh : Desi Nurhikmah

Kebanyakan orang-orang pada masa  sekarang mereka hanya banyak berbicara tetapi mereka tidak mengerti apa yang sedang mereka bicarakan ataupun mereka lakukan. Dan kebanyakan dari orang-orang zaman sekarang mereka hanya mengikuti apa yang sedang trending saat ini saja tanpa mereka tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Biasanya, orang-orang yang banyak bicara tapi pengetahuannya sedikit mereka sering ditanggapi dengan kalimat "sudah berbicara kencang, salah lagi". Mereka selalu menganggap dirinya paling ahli suatu bidang padahal yang sebenarnya terjadi yaitu ia tidak terlalu menguasi bidang itu.

Dalam psikologi yang ditemukan oleh David Dunning dan Justin kruger, orang yang merasa dirinya pintar atau merasa hebat sering disebut dengan "Efek Dunning-Kruger". Efek Dunning-Kruger adalah kondisi di mana seseorang menilai terlalu tinggi pengetahuan dan kemampuannya, meski pada kenyataannya tidak begitu.

Orang yang banyak bicara tetapi kosong isinya memang selalu dapat menarik perhatian orang lain ketika dia berbicara atau menjadi pusat perhatian. Sayangnya, itu hanya sementara karena ketika apa yang dia bicarakan ternyata itu semua hoaxs atau bohong, perlahan dia akan ditinggalkan oleh orang-orang yang memerhatikan dia bicara.

Penyebab dari Efek Dunning-Kruger ini menurut David Dunning dan Justin Kruger, seseorang yang terkena Efek Dunning-Kruger ini disebabkan karena seseorang tersebut memiliki beban ganda. Pada satu sisi orang itu memang tidak ahli dalam suatu bidang tersebut, dan di sisi lain dia tidak mampu mengelola mentalnya untuk mengakui bahwa ia tidak mampu dalam bidang itu.

Dilihat dari orang-orang yang mengikuti aksi kemarin untuk menolak UU Ciptaker. Hampir dari setiap kota di Indonesia melakukan aksi tersebut terutama buruh dan mahasiswa, dan tidak sedikit juga dari mereka yang menyuarakan suara mereka tentang UU Ciptaker tetapi belum tentu sebenarnya ia paham apa itu UU Ciptaker.


Banyak Bicara Kosong Isinya Reviewed by Dakwahpos on 4:49:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Shared by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.