x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Akibat Kurangnya Kesadaran

       Oleh: Muhammad Mufti Sulthanan                        Nasira

Akhir-akhir ini di ketahui oleh kita semua bahwa banyak demonstrasi yang dilakukan dari hari ke hari selama beberapa waktu. Itu terjadi karena keputusan UU Ciptaker yang di nilai merugikan para demonstrasi, diantaranya masyarakat buruh hingga mahasiswa. 

Namun, apakah kita semua telah memahami betul UU Ciptaker yang di anggap merugikan masyarakat? . Jangan sampai kita tidak memahami dengan benar yang menyebabkan aksi demonstrasi itu dianggap ditunggangi dengan isu yang hoaks. Ini lah puncak klimaks yang berbahaya jika semua aksi demonstrasi selalu tidak dipahami dengan baik sebelumnya. 

Perlu adanya ke hati-hatian bagi para demonstrasi yang akan melakukan aksi dalam menyuarakan suatu aspirasi jangan sampai melakukan aksi itu hanya karena ikut-ikutan atau bahkan karena malas untuk memahami suatu isu terlebih dahulu. 

Inilah akibat dari kurang nya kesadaran yang terjadi di kalangan masyarakat. Bahwa kesadaran akan memahami suatu isu adalah modal awal agar tidak termakan hoaks. Lalu yang terjadi kedepan nya justru masalah baru.

Oleh karena itu kuatkan kesadaran dalam memahami suatu problematika sebelum menyuarakan aspirasi. Langkah ini adalah sebagai langkah awal kita dalam menyuarakan sesuatu. Jangan sampai yang dilakukan oleh masyarakat indonesia yaitu melakukan demo hingga berhari-hari tanpa kepastian. Dan pada akhirnya justru banyak di antara masyarakat dianggap tergiring oleh suatu opini yang tidak jelas kebeneran nya di akibat kan karena kurang nya kesadaran diri dalam memahami substansi.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia