x
BREAKING NEWS

Kamis, 19 November 2020

Ada Aturan dalam Berpendapat

         Oleh: Muhammad Mufti Sulthanan                       Nasira

Indonesia adalah negara demokrasi yang dilindungi dengan aturan-aturan konstitusi yang berlaku di bawah naungan Pancasila. Artinya segala hal ataupun tindakan yang di lakukan oleh warga negara Indonesia tentu ada batasan dalam balutan aturan. Meskipun sistem kenegaraan Indonesia adalah demokrasi yang dipahami sebagai kebebasan dalam berpendapat, bukan berarti masyarakat bebas pula dalam melakukan "kebebasan berpendapat" dengan kebebasan bersikap. Karena banyak yang berpikir bebasnya berpendapat diiringi dengan bebasnya menyampaikan pendapat tersebut sampai menabrak konstitusi atau aturan yang ada.

Contoh sederhana seperti halnya banyak dari kalangan masyarakat ketika menyampaikan aspirasinya kepada kalangan pemerintahan dalam balutan demonstrasi yang pada akhirnya menuai kontroversi. Ini akibat daripada demonstrasi yang "tidak sehat", karena demonstrasi berjalan sampai harus merusak fasilitas umum yang ada. Padahal disadari ataupun tidak, perusakan lingkungan atau fasilitas umum ini adalah bentuk dari pemahaman kebebasan berpendapat tanpa melihat hak-hak orang lain. Pada akhirnya yang terjadi malah kerugian di antara pemerintah dan masyarakat itu sendiri.

Maka jika melihat kejadian-kejadian yang telah terjadi dalam menjunjung hak-hak pribadi jangan sampai melupakan atau bahkan menindas hak-hak orang lain. Ini perlu di jadikan sebagai pelajaran untuk semua bahwa demokrasi di Indonesia tetap pada jalur aturan. Jangan sampai melupakan aturan-aturan yang telah di buat dan di sepakati bersama dalam naungan Pancasila. Bukti kan bahwa masyarakat Indonesia taat aturan dan semua masyarakat Indonesia memegang teguh prinsip Pancasila. 

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia