x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Ubah Perilaku sebagai Antisipasi Bencana

Memasuki musim penghujan, masyarakat dihimbau untuk memperhatikan saluran air baik parit atau aliran sungai. Dikhawatirkan jika aliran sungai tidak diperhatikan akan berakibat buruk untuk masarakat sekitar. Seharusnya masyarakat mengadakan kegiatan kerja bakti guna menyambut musim hujan. Masyarakat bisa melakukan pembersihan saluran air, membakar sampah plastik, dan membuang sampah yang dapat menampung air, karena genangan air merupakan sarang bagi nyamuk dan jentik.

Jika saluran air sudah dibereskan, itu dapat meminimalisir terjadinya banjir dan penyakit menular. Masyarakat diharapkan pula tidak membuang sampah sembarangan yang akan berakibat menyumbat saluran air. Pihak berwenang setempat hendaknya melakukan penekanan agar sampah dibuang pada tempatnya. Terasa percuma jika sampah-sampah sudah di bereskan, dirapikan, dan dibersihkan, tetapi masyarakat masih mengamalkan membuang sampah sembarangan.

Himbauan juga ditujukan untuk masyarakat yang berada di wilayah sekitar gunung, lembah, atau daerah dengan topografi curam yang sudah lama kekeringan agar waspada akan potensi longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi. Masyarakat wilayah ini diharapkan selalu sigap ketika hujan tiba-tiba menghampiri mereka.

Rumah-rumah juga perlu diperiksa guna mengantisipasi agar tidak ada titik kebocoran. Rembesan kecil atau bessar pasti akan merepotkan pemilik rumah. Pastikan juga atap rumah sudah kokoh dan rapat, agar tidak ada air yang masuk ketika hujan datang.

Menghadapi musim hujan, masyarakat juga dihimbau untuk senantiasa berolahraga dan memakan makanan bergizi. Hal tersebut berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, karena setiap manusia memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Jika daya tahan tubuh prima, maka penyakit seperti demam, flu, dan yang lainnya akan sulit menghampiri tubuh kita.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia