x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Tumbuhkan Toleransi dan Jauhi Intoleran

Oleh: Vivi Putri Sukmawan

Berbicara mengenai toleransi, mungkin sudah tidak asing di telinga  kita. Negara Indonesia merupakan salah satu penganut toleransi, secara suku, budaya, dan agama di Indonesia sangat banyak sekali. Sikap toleransi harus ditanamkan sejak dini. Jangan sampai kita memiliki sikap intoleran. Bahaya  sekali jika bersikap intoleran.

Beberapa tahun terakhir masyarakat  Indonesia  banyak disuguhi dengan aksi atau kejadian-kejadian yang menimbulkan keresahan. Hal itu membuat ketidaknyamanan. Padahal Negara ini dijamin dengan HAM nya untuk hidup aman. Tetapi, yang terjadi dilapangan sekarang banyak ketidaknyamanan. Penyebab dari keresahan atau ketidaknyamanan itu adalah adanya sikap intoleran. Dengan intoleran tersebut dapat membahayakan persatuan bangsa ini. Intoleran dalam beragama misalnya, berakibat perpecahan dan akan meruntuhkan persatuan sebagai warga Negara. Kacau sudah jika sikap intoleran masih ada pada benak bangsa  Indonesia.

Perlu kesadaran dari dalam diri, bahwasannya sangat penting sekali untuk menumbuhkan sikap toleransi. Dengan toleransi  kerukunan, persatuan dapat terwujud. Berbeda jika sikap intoleran yang tumbuh, maka hancur sudah persatuan bangsa ini. Tolak keras intoleran, jangan sampai merajalela benak bangsa Indonesia khususnya. Hargai perbedaan, karena setiap manusia memiliki isi kepala yang berbeda-beda, persepsi yang berbeda. Jangan sampai menyalahkan satu samalain apalagi sampai melakukan aksi terror meneror yang menyebabkan perpecahan.


Penulis, Mahasiswa KPI UIN Bandung

(Tulisan ini pernah dimuat di Media Indonesia, tanggal 24 Desember 2019 dengan beberapa perubahan)

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia