x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Toleransi dengan Cara Sederhana

Oleh : Sherly Zihan Azhari

Dalam bahasa latin toleransi berarti sabar dan menahan diri. Bertoleransi berarti saling menerima, menghargai, dan menghormati antar sesama individu atau kelompok. Bersikap toleransi tidak hanya mengenai hal-hal yang besar. Duduk bercengkrama saling membicarakan kegemaran yang berbeda tanpa saling mendebat juga merupakan sebuah sikap toleransi yang indah dan nyata adanya. Kita terbiasa menganggap bahwa toleransi hanya diperlukan ketika menyinggung masalah agama, ras atau kebudayaan. Padahal pada hakikatnya sikap toleransi sangat dibutuhkan pada hal-hal yang kecil, sederhana dan mendasar. Kerukunan dalam bertetangga adalah bukti nyata hasil dari terciptanya sikap toleransi dikalangan masyarakat. 

Sikap toleransi berkaitan dengan sikap saling menghargai antar sesama tanpa pandang bulu. Bertoleransi tidak berarti harus sama, toleransi berarti menerima, menghargai dan menghormati perbedaan yang ada. Tanpa adanya toleransi dunia akan kacau oleh orang-orang yang berkuasa dan egois. Keberagaman akan terkikis dan punah, karena setiap perbedaan akan disama ratakan. Semua orang akan bungkam dan tidak akan ada yang berani menyuarakan gagasan atau pendapatnya. Bahkan, sebuah keluarga tidak akan terbentuk tanpa adanya sikap toleransi didalamnya. Konsep toleransi harus terus dipupuk, agar tertanam kuat dan kokoh didalam diri kita. Sehingga kita akan tetap berbesar hati menghargai orang lain walaupun kita tahu bahwa orang tersebut salah. Oleh sebab itu, konsep toleransi harus ditanamkan kepada anak sedini mungkin, agar dapat terbentuk karakter dengan rasa toleransi yang tinggi.

Sebagai salah satu warga negara yang baik, kita harus mampu menciptakan kerukunan dalam bermasyarakat. Tanpa adanya sikap saling menghormati dan menghargai, masyarakat Indonesia akan tercerai-berai. Maka itu melawan intoleransi dan menjaga toleransi merupakan suatu keniscayaan yang harus kita lakukan. Tidak hanya berperan sebagai masyarakat Indonesia, tetapi juga sebagai umat manusia yang di amanati oleh Tuhan untuk menjaga ekosistem dan keberlangsungan hidup manusia.
Sherly Zihan Azhari, Mahasiswa KPI 3D, Desa Jalaksana, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan, 089660951271, sherlyzihanazhari@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia