x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Toleransi dalam agama itu, penting

Sebagai masyarakat, tentunya kita sangat menginginkan terwujudnya masyarakat yang makmur dan sejahtera. Kita juga harus ikut serta dalam mewujudkan masyarakat yang makmur tersebut dan salah satu caranya adalah dengan menjunjung tinggi sikap toleransi.


Sikap toleransi sangatlah penting untuk diterapkan, terutama di negara kita, yaitu Indonesia yang mana memiliki keberagaman dalam budaya, agama, ras, suku, dan masih banyak lagi. Contohnya, agama di Indonesia yang masih ada sampai sekarang diantaranya, Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha, dan Kong Hu Chu.


Banyaknya agama yang ada di Indonesia, janganlah sampai membuat kita sebagai masyarakatnya menjadi seseorang yang intoleran terhadap sesama penganut umat beragama. Perbedaan yang ada di setiap agama tidak boleh menjadi penghalang bagi setiap umat beragama untuk saling membantu dan hidup rukun. Keberagaman agama haruslah menjadi cara untuk kita belajar saling menghargai satu sama lain. Jika kita tidak sama dalam keyakinan, cobalah untuk saling menghargai keyakinan masing-masing, hargai setiap kegiatan dalam setiap agama, terutama menghargai tata cara ibadah masing-masing.



Sikap toleransi satu sama lain, akan menciptakan masyarakat yang damai, rukun, dan sejahtera. Dimana kita mengenal bahwa dalam teori konsep diri, yang mana konsep diri bisa dibentuk karena pengaruh orang lain. Jika seseorang merasa dihargai dan dihormati, orang tersebut akan cenderung menghormati dan menghargai orang lain juga. Maka dari itu, jika kita menerapkan sikap toleransi kepada orang lain, maka orang lain juga akan toleran terhadap kita dan terhadap orang lain juga.


Oleh karena itu, mari kita bangun sikap toleransi dalam beragama, agar masyarakat di Indonesia makmur, sejahtera, dan rukun antar sesama umat beragama.  

Syifa Avifah Zahra
Mahasiswi UIN SGD Bandung






Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia