x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Toleransi Beragama di Indonesia

Dakwahpos.com. Bandung - Toleransi berasal dari bahasa Inggris yaitu tolerance yang artinya membiarkan. Adapun menurut bahasa Arab toleransi sepadan dengan kata Tasamuh, yang artinya adalah mengizinkan atau dapat juga diartikan sebagai saling memudahkan. Toleransi di Indonesia sering kita jumpai di masyarakat dan  sangat jelas terlihat di dalam agama. Adanya toleransi dalam beragama tentu sangat penting karena dengan toleransilah masyarakat dapat menumbuhkan sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain. 

Manusia disebut sebagai mahluk sosial karena dalam segi aspek pikiran, akal, dan perasaan manusia tidak dapat hidup sendiri. Hal itu menyebabkan manusia membutuhkan orang lain atau manusia lain dalam hidupnya. Dari keanekaragaman manusia baik secara suku, ras, dan agama sikap toleransi perlu dihadirkan dalam jiwa manusia sejak dini karena ini merupakan bekal untuk menumbuhkan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Indonesia termasuk kedalam negara yang menginspirasi dalam toleransi beragama, hal ini dibuktikan dengan memiliki 17 tanggal merah nasional tiap tahun dan 10 diantaranya terkait kegamaan. Hari libur kegamaan antara lain seperti Idul Adha, Natal, Paskah, Imlek, dan Nyepi. Ini menunjukan toleransi beragama yang luar biasa di Indonesia salah satunya semuanya diatur untuk menghormati setiap hari raya kegamaan. 






Created by : Nurhana R (KPI /3C) 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia