x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

Toleransi Antar Umat Beragama

Manusia adalah mahluk individu dan mahluk sosial,sebagai mahluk sosial masusia memiliki toleransi kepada orang lain dalam urusan apapun,karena meskipun manusia adalah mahluk individu,manusia tidak akan bisa selalu sendirian,manusia akan selalu memiliki kebutuhan dengan orang lain,maka dari pada itu toleransi sangat di butuhkan untuk kelangsungan hidup manusia.apa itu toleransi,toleransi  secara bahasa berasal dari bahasa latin "tolerare", toleransi berarti sabar dan menahan diri.

Toleransi juga dapat berarti suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi dapat menghindari terjadinya diskriminasi, walaupun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

Contoh sikap toleransi secara umum antara lain : menghargai pendapat mengenai pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita, serta saling tolong-menolong antar sesama manusia tanpa memandang suku, ras, agama, dan antar golongan.

Sebagai manusia agama adalah sebuah kewajiban dan harus dimiliki seseorang,agama adalah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan/perintah dari kehidupan.Banyak agama memiliki narasi, simbol, dan sejarah suci yang dimaksudkan untuk menjelaskan makna hidup dan / atau menjelaskan asal usul kehidupan atau alam semesta.

Dari keyakinan mereka tentang kosmos dan sifat manusia, orang memperoleh moralitas, etika, hukum agama atau gaya hidup yang disukai. Menurut beberapa perkiraan, ada sekitar 4.200 agama di dunia. memang di beberapa negara manusia banyak yang tidak memiliki agama,tapi di negara kita beragama adalah suatu kewajiban yang sudah di sepakati dan di tulis di dasar hukum negara kita.

Toleransi antar umat beragama,dari keterangan di atas toleransi antar umat beragama adalah adanya sikap yang ditunjukan dengan perilaku,perbuatan dan gerakan secara fisik untuk menghargai pendapat orang lain mengenai pemikiran dalam memilih keyakinan antar individu. Setiap agama pasti menganjurkan untuk saling menghargai,seperti di agama saya yaitu islam,untuk urusan sosial agama islam sangat menganjurkan untuk menghargai pendapat orang lain,tidak memandang suku,ras maupun agama bahkan ada ancaman keras bagi siapa saja yang tidak menjaga toleransi antar umat beragama

Mengapa harus ada toleransi antar umat beragama ?. Kehidupan di dunia ini sangatlah luas,dan karena luasnya dunia tersebut kehidupan,gaya ,bahasa,budaya maupun agama,yang ada di dunia ini sangatlah banyak,dan kita sebagai manusia harus menghagai dan menerima perbedaan  perbedaan tersebut,setiap individu memiliki kepercayaan,keyakinan,dan budaya mereka masing masing,dan jika ada salah satu individu tidak menerima perbedaat tersebut maka akan terjadi suatu percekcokan antar individu tersebut,individu satu yakin budaya,agama,ras yang dia ikuti adalah yang paling benar,individu satunya lagi juga demikian.jika perilaku tersebut masih di lanjutkan maka perang tidak akan terhindari,bukankah setiap mahluk di dunia ini menginginkan kedamaian dan tidak ada peperangan.maka dari pada itu toleransi antar umat beragama harus dimiliki oleh setiap individu.. Dan bagaimana cara menciptakan rasa toleransi antar umar beragama, salah satu caranya dengan menghormati agama lain.


Muhammad Rifki Irawan

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia