x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Tidak Semuanya Disebut Dengan Radikalisme

Oleh : Zahidah Sabila Rusyda

Radikalisme menjadi sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga bangsa Indonesia. Apalagi ketika Kabinet Indonesia Maju dibentuk pada Oktober lalu. Mulaid dari Presiden (Jokowi Dodo) hinga menteri menteri nya menggaungkan terus kata radikalisme.

Kata Radiklisme itu sendiri memiliki arti paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis. Oleh sebab itu peremerintah mulai menggaungkan antisipai adanya radikalisme dalam berbagai sektor pemerintahan. Mulai dari pendidikan hingga ke sektor agama.

Jika kita berbicara mengenai radikalisme hendaklah kita mengetahui ciri-ciri suatu gerakan tersebut bisa disebut dengan Radikalisme,karena tidak semua hal bisa kita bisa sebut dengan Radikalisme. Oleh karena itu kita harus menjadi seorang yang berilmu dan mengetahui ciri-ciri dari radikalisme terssbut sebelum men-judge hal tersebut sebuah radikal atau bukan.

Adapun ciri-ciri nya ialah  Radikalisme adalah tanggapan pada kondisi yang sedang terjadi, tanggapan tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk evaluasi, penolakan, bahkan perlawanan dengan keras;Melakukan upaya penolakan secara terus-menerus dan menuntut perubahan drastis yang diinginkan terjadi; Orang-orang yang menganut paham radikalisme biasanya memiliki keyakinan yang kuat terhadap program yang ingin mereka jalankan;Penganut radikalisme tidak segan-segan menggunakan cara kekerasan dalam mewujudkan keinginan mereka dan  Penganut radikalisme memiliki anggapan bahwa semua pihak yang berbeda pandangan dengannya adalah bersalah.

Setelah kita mengetahui dari ciri-ciri radiklisme di atas maka dengan itu kita sudah bisa membedakan mana yang di maksud dengan radikalisme dan mana yang bukan. Dan kita juga sudah bisa melihat bahwa semua hal itu belum tentu bisa di cap atau disebut dengan radiklisme jika tidak sama seperti ciri ciri diatas.

Zahidah Sabila Rusyda
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Perumahan Victory Land Blok K No.4 Ujung Berung,Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia