x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Tanamkan Sikap AntiKorupsi Sejak Dini

Oleh : Zahidah Sabila Rusyda

Korupsi di Indonesia bukanlah hal yang asing di telinga masyarakat Indonesia khusus nya dan Dunia Umumnya. Tidak dapat dipungkiri juga Indonesia dimata dunia telah menempati posisi ke-89 dalam indeks persepsi korupsi dunia. Apalagi beberapa hari yang lalu beberapa pejabat di  BUMN (Badan Usaha Milik Negara) terciduk melakukan korupsi berjuta-juta rupiah dalam kegiatan suap suatu proyek.

Hal ini menambah tinta merah dalam sejarah bangsa Indonesia. Jika hal ini terus menerus didiamkan dan dianggap wajar oleh bangsa Indonesia, bagaimana kabar kenerasi berikutnya bangsa ini?

Oleh karena itu,untuk mencegah terjadinya pengakaran korupsi maka hendakalah kita menanam jiwa Antikorupsi kepada generasi selanjutnya,dimulai sejak usia dini. Dengan beberapa cara berikut akan membantu menumbuhkan jiwa antikorupsi pada diri anak.

Pertama,  ajarkan anak dengan senantiasa berkata jujur. Jikalau anak tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru,hendaklah anak dinasihati dengan baik dan ditanya agar ia dapat menjawab dengan jujur. Bukan sebaliknya,dimarahi sehingga anak akan terganggu dan sulit untuk berkata jujur kepada guru karena perasaan takut yang sudah muncul dahulu.

Kedua, ajarkan anak supaya senantiasa disiplin. Mulai dengan membiasakan anak untuk berangkat sekolah harus tepat waktu,dan masuk ke kelas untuk belajar harus tepat waktu.

Dan yang ketiga,adalah mengajarkan anak akan kesederhanaan dan bersyukur. Mulai dengan mengajarkan anak agar merasa cukup dengan apa yang telah ia dapatkan. Biasakan mendidikan anak untuk membeli sesuatu yang ia butuhkan bukan apa yang ia inginkan.

Jika kita mampu mendidik jiwa antikorupsi sejak dini kepada anak ,maka di Indonesia pastilah tidak akan ada yang namanya tikus-tikus berdasi yang senantiasa menggerogoti uang rakyat,hanya untuk kepentingan pribadinya saja.

Dan marilah kita sukseskan program-program pemerintah untuk menanamkan jiwa antikorupsi sejak dini ini. Dan agar supaya tidak ada lagi kejadian-kejadian yang terjadi seperti didalam BUMN ini.

Zahidah Sabila Rusyda
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Perumahan Victory Land Blok K No.4 Ujung Berung,Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia